Dark/Light Mode

Kembangkan Wisata Pantai

Mendes Akan Kirim Kepala Desa ke Seychelles

Kamis, 20 Juni 2019 08:58 WIB
Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi Eko Putro Sandjojo (kanan) saat menerima kunjungan Duta Besar Seychelles, Nico Barito (kiri) di kantornya di Jakarta, Rabu (19/6). (Foto: IG@ekoputrosandjojo).
Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi Eko Putro Sandjojo (kanan) saat menerima kunjungan Duta Besar Seychelles, Nico Barito (kiri) di kantornya di Jakarta, Rabu (19/6). (Foto: IG@ekoputrosandjojo).

RM.id  Rakyat Merdeka - Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi Eko Putro Sandjojo, menerima kunjungan Duta Besar Seychelles, Nico Barito di kantornya di Jakarta, kemarin.

Pertemuan ini menghasilkan kesepakatan kerja sama di sektor pariwisata, khususnya wisata pantai. Menteri Eko tertarik kerja sama dengan Seychells karena negeri ini terkenal dengan pariwisata pantainya.

Keberhasilan itu jika bisa ditularkan ke Indonesia, bisa meningkatkan perekonomian daerah tertinggal, khususnya wilayah pesisir yang memiliki potensi wisata.

Baca juga : Indonesia-Inggris Mantapkan Komitmen Kemitraan Strategis

“Kami akan kirim kepala desa dan pegiat desa, khususnya di daerah pesisir untuk belajar model pengembangan pariwisata di Seychelles,” ungkap Eko.

Eko menuturkan, pihaknya akan melakukan observasi dulu untuk menentukan daerah mana yang bisa dijadikan pilot project kerja sama dengan negara di wilayah Afrika Timur tersebut. Nanti, Kepala daerah yang akan dikirim tentu yang memiliki wilayah pesisir yang mirip dengan pantai di Seychelles.

Sekadar informasi, Republik Seychelles adalah negara kepulauan di tengah Samudra Hindia, sekitar 1.600 kilometer (km) sebelah timur daratan Afrika, dan sebelah timur laut Madagaskar.

Baca juga : Menteri Rini: Rakyat Desa Harus Sejahtera

Negara Seychelles memiliki 115 pulau dengan daratan 455 km2 dan Zona Ekonomi Eksklusif 1,4 juta km2. Sektor pariwisata merupakan salah satu andalan penggerak perekonomian Seychelles.

Wisata pantai negeri ini dikenal memiliki wisata pantai yang menggagumkan. Lautnya tenang, bersih dan memiliki banyak resort dan perhotelan. Seychelles menerapkan penggunaan mata uang Euro sebagai alat pembayaran resmi dalam transaksi utnuk para turis.

Di negara itu, tercatat ada 120 tenaga kerja asal Indonesia bekerja di perhotelan. Namun kini, Seychelles memperketat penggunaan tenaga asing setelah perekonomian dunia mengalami perkambatan.

Baca juga : RI-Tatarstan Kembangkan Kerja Sama Halal Lifestyle

Duta Besar Seychelles Nico Barito mengatakan, negaranya mengembangkan pariwisata kelas status ekonomi tinggi. Di negerinya terdapat banyak penginapan berstandar Internasional.

Yang menarik, penginapan itu dikelola masyarakat lokal sendiri. “Banyak yang Indonesia bisa pelajari dari Seychelles, salah satunya tentang pengembangan ekonomi di wilayah pesisir pantai blue economi,” ungkapnya.

Selain membahas pariwisata, Menteri Eko dan Dubes Nico juga membahas kemungkinan kerja sama pengembangan industri perikanan dan logistik di lingkup Samudra Hindia. [DIR]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.