Dark/Light Mode

Sederhanakan Prosedur, BPJS Kesehatan Tingkatkan Kualitas Layanan Gagal Ginjal

Kamis, 10 Maret 2022 11:35 WIB
Direktur Utama BPJS Kesehatan Ali Ghufron Mukti. (Foto: Ist)
Direktur Utama BPJS Kesehatan Ali Ghufron Mukti. (Foto: Ist)

 Sebelumnya 
BPJS Kesehatan menjamin berbagai pelayanan kesehatan gagal ginjal, mulai dari transplantasi ginjal dengan biaya sekitar Rp 378 juta untuk satu kali tindakan, cuci darah/hemodialisis dengan biaya Rp 92 juta/per tahun jika dilakukan 2 kali seminggu per pasien, hingga layanan CAPD dengan biaya Rp 76 juta/per tahun untuk satu pasien.

Baca juga : Kemenkop UKM Yakinkan Kualitas Standar Layanan Publik Bakal Ditingkatkan

Sementara untuk sebaran pembiayaan pelayanan hemodialisis, berdasarkan kelompok usia, secara umum pembiayaan terbanyak didominasi pada kelompok usia 51-55 tahun.

Baca juga : Tarif Tol Naik, BUJT Diminta Tingkatkan Kualitas Layanan Jalan Tol

Berdasarkan jenis kelamin didominasi oleh jenis kelamin laki laki, dan usia termuda peserta yang memanfaatkan pelayanan hemodialisa dimulai dari kelompok usia 0-5 tahun.

Baca juga : Gaya Hidup Sehat Meningkat, Penjualan Philips Airfryer Melonjak

Untuk itu Ghufron juga mengingatkan perlunya edukasi dan penerapan pola hidup sehat, agar kasus gagal ginjal ini tidak terus meningkat. [NOV]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.