Dark/Light Mode

Akselerasi Pertanian Modern

Kementan Dorong Penggunaan Teknologi Informasi

Sabtu, 12 Maret 2022 16:20 WIB
Direktur Jenderal Tanaman Pangan Kementerian Pertanian Suwandi. (Foto: Istimewa)
Direktur Jenderal Tanaman Pangan Kementerian Pertanian Suwandi. (Foto: Istimewa)

 Sebelumnya 
Selanjutnya Bayu Mulyana dari Pusat Data dan Sistem Informasi Pertanian menjelaskan IoT adalah sebuah gagasan dimana suatu objek tertentu, hewan atau orang dilengkapi dengan perangkat yang memiliki kemampuan untuk mentransmisikan data untuk dapat berkomunikasi satu dengan yang lain.

Dengan begitu menjadi bagian dari satu kesatuan sistem terpadu menggunakan jaringan internet sebagai penghubung tanpa memerlukan adanya interaksi dari manusia ke manusia atau pun dari manusia ke perangkat komputer jaringan.

Baca juga : Waka BPIP: Ponpes Mendorong Pemberdayaan Ekonomi Pancasila

"Dan juga dari objek atau benda yang dipasang dengan sensor, perangkat lunak, dan teknologi lain untuk menghubungkan dan bertukar data dengan perangkat sistem lain melalui internet," tutur Bayu.

Kepala Balai Besar Pengembangan Pengujian Mutu Benih Tanaman Pangan dan Hortikultura (PPMBTPH) Kementan, Warjito menyebutkan kebijakan Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo mendorong pengelolaan data-data pertanian semuanya agar berbasis informasi teknologi (IT) termasuk benih, pupuk dan lainnya.

Baca juga : Kinerja Pertanian Memuaskan, Kementan Genjot KUR Alsintan

Informasi Teknologi (IT) akan mempermudah arus pertukaran informasi dalam lingkup lokal maupun global, mempermudah bagi masyarakat dunia mengakses informasi yang diperlukan, mendorong kemajuan berbagai bidang karena kemudahan informasi dan membantu masyarakat dalam melakukan aktivitas yang berhubungan dengan teknologi dengan adanya beragam fungsi dari teknologi informasi.

"IoT adalah suatu konsep atau program sebuah objek memiliki kemampuan untuk mentransmisikan atau mengirim data melalui jaringan tanpa menggunakan bantuan prangkat komputer dan manusia. Manfaatnya dari IoT tak perlu diragukan lagi. Banyak sekali teknologi yang telah menerapkan IoT," terang Warjito. [KAL]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.