Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Bertemu Menhan Yunani Di Athena, Prabowo Bahas Kerja Sama Pertahanan

Sabtu, 12 Maret 2022 17:34 WIB
Menteri Pertahanan Prabowo Subianto (kanan) bersama Menteri Pertahanan Yunani Nikolaos Panagiotopoulos (tengah) dalam kunjungan ke Athena, Yunani, Jumat (11/3). (Foto: Kemhan)
Menteri Pertahanan Prabowo Subianto (kanan) bersama Menteri Pertahanan Yunani Nikolaos Panagiotopoulos (tengah) dalam kunjungan ke Athena, Yunani, Jumat (11/3). (Foto: Kemhan)

RM.id  Rakyat Merdeka - Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto melakukan kunjungan kehormatan kepada Menteri Pertahanan Nasional Yunani Nikolaos Panagiotopoulos di Kota Athena, Yunani, Jumat (11/3). Membahas peningkatan kerja sama pertahanan antara kedua negara, dan isu strategis lainnya terkait pertahanan.

Dalam kesempatan tersebut,  Prabowo disambut hangat dengan upacara jajar kehormatan oleh Menhan Yunani beserta pejabat utama pertahanan Yunani yang turut hadir. Antara lain Panglima Angkatan Bersenjata Yunani (HNDS) Jenderal Konstantinos Floros, serta Kepala Staf Angkatan Darat, Angkatan Laut, dan Angkatan Udara Yunani.

Pembahasan dalam pembicaraan bilateral antara kedua Menhan mencakup bidang kerja sama pertahanan bilateral, pendidikan dan pelatihan, serta alutsista.

Baca juga : Paloh Tak Setuju Reshuffle

“Kami melakukan diskusi yang bermanfaat dan produktif. Yunani dan Indonesia memiliki hubungan yang baik. Yunani adalah salah satu negara Eropa pertama yang mengakui kedaulatan NKRI,” kata Prabowo dalam keterangannya, Sabtu (12/3). 

Sejak 2015, RI dan Yunani menjalin kerja sama yang baik di bidang industri pertahanan.

Perusahaan Yunani, Theon Sensors telah bekerja sama dengan PT Pindad (Persero) untuk produksi bersama Teropong Bidik Senapan Malam (TBSM) di Pindad dan pembangunan lini assembly dan penjualan bersama.

Baca juga : Kementan Gairahkan Petani Milenial Kembangkan Smart Farming

Kerja sama ini bertujuan agar proses alih teknologi yang dilakukan berjalan secara lebih maksimal dan akan berujung pada penguasaan teknologi industri dalam negeri yang meningkat.

Sementara itu, Menhan Yunani dalam penjelasannya meyakinkan, Yunani memiliki tujuan utama untuk lebih memperkuat kerja sama bilateral dengan Indonesia di bidang politik dan ekonomi. Serta memperluas kerja sama pertahanan, yang difokuskan pada bidang perdagangan maritim, perkapalan, penelitian dan pengembangan, pariwisata dan industri pertahanan.

Pada kesempatan tersebut,  Prabowo mengungkapkan posisi Indonesia terkait situasi di Ukraina.

Baca juga : Prabowo Diundang Secara Khusus, Indonesia-Arab Saudi Perkuat Kerja Sama Pertahanan

“Kami mendesak semua pihak dalam situasi Ukraina untuk segera memulai dialog damai dan menyelesaikan masalah. Kami berharap dan berdoa untuk hasil damai dalam krisis di Ukraina,” pungkas Prabowo. [UMM]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.