Dark/Light Mode

Nikmatnya Nonton MotoGP Dari Bukit 360 Sirkuit Mandalika

Jumat, 18 Maret 2022 22:11 WIB
Bukit 360 Sirkuit Mandalika. (Foto: Istimewa)
Bukit 360 Sirkuit Mandalika. (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Suasana menonton MotoGP Mandalika 2022 bertambah nikmat ketika menontonnya dari Sirkuit Bukit 360. Arena balap bernama resmi Sirkuit Internasional Jalan Raya Pertamina Mandalika itu menjadi saksi digelarnya ajang balap MotoGP di Indonesia.

Bukit 360 berada di tengah kawasan berdinding bukit-bukit hijau dan bertepi pantai-pantai Mandalika. Tak hanya para pebalap, kru dan, ofisial juga dibuat terkesima oleh desain Sirkuit Mandalika.

Bukit-bukit hijau di sekitar sirkuit mengingatkan mereka dengan arena balap Red Bull Ring (Austria), Mugello (Italia), dan pendatang baru KymiRing (Finlandia) yang dipeluk perbukitan hijau.

"Tidak ada satu pun sirkuit di dunia yang punya kontur alami seperti di Sirkuit Mandalika ini dengan pemandangan pantai dan bukit," kata Wakil Menteri BUMN Kartika Wirjoatmodjo beberapa waktu lalu di Mandalika.

Sekali lagi, Mandalika punya keunikan lain. Terdapat sebuah bukit yang dibiarkan menjulang di dalam arena sirkuit. Dari luar sirkuit yaitu di kawasan Pantai Kuta Mandalika, tidak sulit menandainya karena ada sebuah tulisan besar "Pertamina" tepat di bawah bukitnya.

Baca juga : Jelang Event MotoGP, PDAM Lombok Tengah Siap Penuhi Kebutuhan Air Bersih Di Mandalika

Ketinggian bukit sekitar 30 meter di atas permukaan laut, posisinya paling selatan dari sirkuit. Untuk mencapai tempat ini tidaklah sulit dan sebaiknya menggunakan motor atau mobil karena jika berjalan kaki lumayan menguras tenaga.

Cara Menuju Bukit 360

Dari gerbang utama yang terdapat patung Speed, langsung menuju jalan mulus hingga bertemu terowongan (tunnel) sepanjang sekitar 100 meter yang di dalamnya dipenuhi mural aneka warna. Terowongan yang menjadi satu-satunya akses menuju bukit unik itu diapit oleh gedung utama sirkuit dan Hospitality VIP Villages.

Tepat di atas terowongan adalah lintasan utama antara selepas garis start dan Tikungan 1. Di ujung terowongan merupakan area dalam (inner) dari sirkuit.

Di sini ada premium grandstand atau tribun penonton premium, zona A, B, C, dan H dengan terowongan sebagai pemisah dari zona grandstand tersebut.

Baca juga : Digeber 1 Maret, Sirkuit F1 Bintan Contek Mandalika

Ada panggung pertunjukan musik juga di mana pada bagian kiri dan kanan panggung diletakkan dua layar raksasa yang berfungsi untuk menayangkan aksi-aksi pebalap di lintasan Sirkuit Mandalika.

Panggung musik letaknya di kawasan General Admission yang diperuntukkan bagi penonton berdiri. Sepintas, lokasi ini mirip dengan kawasan festival pada setiap konser musik. Di sisi baratnya terdapat stan besar tempat pameran motor-motor hasil modifikasi anak negeri.

Di seberang General Admission terdapat deretan tenda-tenda putih berujung kerucut atau sarnafil yang dipakai untuk berdagang para pelaku Usaha Mikro, Kecil, Menengah (UMKM).

Selepas itu, kita akan bertemu sebidang tanah kosong yang dulunya sempat ditempati beberapa warga lokal yang bertahan di dalam sirkuit karena persoalan kepemilikan lahan.  Setelah melewati deretan tenda stan serta grandstand zona G dan F, maka sampailah di akses menuju bukit unik yang memiliki jalan dengan empat kelokan lumayan tajam mirip jalur jalan di kawasan Puncak, Bogor, Jawa Barat.

Di tepian jalur dipasangi pembatas warna merah dan putih. Pemandangan 360 Derajat Sampai di puncak bukit, kita akan langsung disambut oleh tiga bangunan besar di tiga ujung sisi utara, barat, dan timurnya. Ketiga bangunan berkonstruksi baja ini berlantai dua dengan model yang mirip satu sama lain ini merupakan lounge.

Baca juga : MotoGP, Marquez Sesumbar Taklukkan Mandalika

Di sekitar lounge dibangun taman dengan aneka macam tanaman. Uniknya, seluruh dindingnya adalah kaca dan masing-masing bangunan mempunyai semacam pelataran terbuka di sisi luarnya.

Pelataran terbuka itu posisinya di antara lantai satu dan dua atau mezzanine, terhubung dengan masing-masing bangunan utama. Ketiga bangunan tersebut lebih mirip seperti sebuah tempat pemantauan atau observation deck. Kita dapat menyaksikan terbit dan terbenamnya matahari lengkap dengan semburat khas cahaya oranyenya dari sini.

Inilah Bukit 360 yang menjadi satu-satunya tempat paling keren untuk memantau jalannya lomba MotoGP di dalam arena Sirkuit Mandalika.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.