Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Masuk Tahun Ajaran Baru

TNI Akan Bekali Siswa Materi Bela Tanah Air

Minggu, 23 Juni 2019 15:01 WIB
Mendikbud, Muhadjir Effendy (kiri) dan Panglima TNI Hadi Tjahjanto (kanan). (Foto: Istimewa).
Mendikbud, Muhadjir Effendy (kiri) dan Panglima TNI Hadi Tjahjanto (kanan). (Foto: Istimewa).

RM.id  Rakyat Merdeka - Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) akan melibatkan Tentara Nasional Indonesia (TNI) pada masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (PLS) untuk semua jenjang sekolah, Sekolah Dasar (SD), Sekolah Menengah Pertama (SMP), Sekolah Menengah Atas (SMA), dan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK). PLS akan digelar selama dua pekan sejak hari pertama masuk sekolah.

“TNI akan dilibatkan dalam penyelenggaraan kegiatan PLS. TNI akan melakukan penguatan materi dasar berkaitan nasionalisme, bela tanah air, cinta tanah air, sebagai bagian dari penguatan pendidikan karakter siswa,” ungkap Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Effendy dalam Rapat Koordinasi dengan TNI di Kantor Kemendikbud, Jakarta,Jumat (21/6).

Dia menjelaskan, karakter utama yang diajarkan TNI mengenai nasionalisme. Tujuan pemberian materi itu untuk menangkal paham radikalisme di kalangan siswa.

Baca juga : Senin Besok, Sofyan Basir Jalani Sidang Perdana

“Kami menargetkan siswa memiliki self defence terhadap pengaruh dan paham yang dapat berpengaruh kepada keutuhan NKRI,” jelasnya.

Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto mengatakan, materi pembinaan yang akan diberikan bersumber pada empat pilar kebangsaan Indonesia. Yaitu Pancasila, Undang-Undang Dasar 1945, Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), dan Bhinneka Tunggal Ika.

“Materi akan kami sesuaikan dengan materi Kemendikbud,” ujarnya. Dia menjelaskan, pihaknya akan memberdayakan personil TNI yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia untuk memberikan materi. Dengan demikian, mudah menjangkau (siswa) di wilayah terpencil, termasuk wilayah perbatasan.

Baca juga : Muhadjir Pelototin Praktik Jual-Beli Bangku Sekolah

Pemberi materi antara lain berasal dari Koramil (Komando Rayon Militer), Lanal (Pangkalan TNI Angkatan Laut), Lanud (Pangkalan Udara Militer).

Panglima TNI menyebutkan salah satu materi yang akan diberikan pihaknya kegiatan upacara bendera dan latihan baris berbaris. Menurutnya, pelatihan baris-berbaris dalam memberikan dampak saling menghormati dan menghargai.

“Baris berbaris dan upacara bendera itu salah satu materi paling ringan dan mendasar untuk melakukan penanaman cinta tanah air dan bela negara, kemudian disesuaikan dengan kebutuhan siswa,” ujar Hadi. [DIR]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.