Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Ganjar: Rembang Fashion Parade, Momentum Kebangkitan Ekonomi Kreatif

Rabu, 3 November 2021 12:55 WIB
Gubernur Jateng Ganjar Pranowo saat menghadiri  Rembang Fashion Parade 2021, di Gedung Catwalk BBPLK Semarang, Selasa (2/11). (Foto: Instagram)
Gubernur Jateng Ganjar Pranowo saat menghadiri Rembang Fashion Parade 2021, di Gedung Catwalk BBPLK Semarang, Selasa (2/11). (Foto: Instagram)

RM.id  Rakyat Merdeka - Sebelas usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) batik dan tujuh desainer Jawa Tengah (Jateng) mempertunjukkan hasil desain baju Batik Lasem khas Rembang yang diolah menjadi beragam busana siap pakai dalam gelaran Rembang Fashion Parade 2021, di Gedung Catwalk BBPLK Semarang, Selasa (2/11).

Menurut Gubernur Jateng Ganjar Pranowo, acara fashion show Batik Lasem Rembang yang juga disiarkan secara virtual itu, bisa menjadi momentum baik bagi industri ekonomi kreatif untuk bangkit. 

Dalam acara yang dihelat Dewan Kerajinan Nasional Daerah Jawa Tengah (Dekranasda Jateng) itu, ditampilkan aneka produk fashion dari Batik Lasem.

Baca juga : Genjot Kapasitas Pemuda Pesisir, Kemenpora Gelar Peningkatan Ekonomi Kemaritiman

Puluhan model bergaya di atas catwalk dengan indahnya, dengan balutan busana Batik Lasem beraneka rupa.

"Sebenarnya kawan panitia Kemenaker, desainer, pemda, dan sponsor bisa berkolaborasi. Kita bangkitkan lagi ekonomi, dengan prokes ketat. Dan hari ini sudah dilakukan, tidak terlalu ramai tapi mereka bisa kembali beraksi di atas catwalk dan menunjukkan produk terbaik" ujar Ganjar.

Ia mengatakan, acara tersebut menjadikan batik tidak hanya dikenal sebagai tradisi dan menghasilkan produk kain batik lembaran. Tapi juga, tentang bagaimana menjahit dan membuat model yang beraneka ragam.

Baca juga : Dorong Konsumen Berjiwa Nasionalis, Mendag Yakin Ekonomi Cepat Pulih

"Tidak hanya jual batik lembaran, tapi jadi fashion. Dan ternyata kalau dikombinasi dengan yang lain, designer baru yang muda-muda muncul, ini jadi bagus," jelasnya.

Rembang Fashion Parade 2021 ini, lanjut Ganjar, harus dijadikan semangat untuk ekonomi kreatif bangkit. Dengan acara itu, diharapkan produk-produk fashion di Jateng akan kembali laku.

"Saya usul agar tidak hanya dibuat di sini, tapi bisa di daerah. Misalnya dibuat di Lasem, di tempat heritage yang bagus. Buat saja fashion show di sana, undang pemangku kepentingan dan pecinta fashion, tentu lebih menarik," saran Ganjar.

Baca juga : Kemnaker: Pejabat Fungsional Pengantar Kerja Kudu Adaptif

Sementara itu, Ketua Dekranasda Jateng Siti Atikoh Ganjar Pranowo mengatakan, selain fashion show, acara itu juga digunakan untuk meluncurkan Batik Lasemku, sebuah brand produk fashion batik dari Lasem, karya anak-anak muda di sana.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.