Dark/Light Mode

2 Jurus Sambut Ramadan Dan Idul Fitri

Vaksinasi Dan Taat Prokes Yuk!

Minggu, 6 Maret 2022 08:00 WIB
Ilustrasi Protokol Kesehatan. (ANTARA FOTO/Fikri Yusuf/hp.).
Ilustrasi Protokol Kesehatan. (ANTARA FOTO/Fikri Yusuf/hp.).

RM.id  Rakyat Merdeka - Sebanyak 14 provinsi mengalami penurunan kasus harian Covid-19. Di saat yang sama, kasus Covid-19 di 7 provinsi lainnya bahkan sudah melandai.

Kementerian Kesehatan (Kemenkes) menyebutkan 14 provinsi yang mengalami penurunan kasus harian Covid-19. Yaitu, DKI Jakarta, Banten, Jawa Barat, Jawa Timur, Bali, Nusa Tenggara Barat, dan Maluku.

Kemudian Kalimantan Selatan, Kalimantan Tengah, Sulawesi Utara, Sumatera Selatan, Sulawesi Tenggara, Papua dan Papua Barat.

Baca juga : Yuk, Lawan Varian Omicron Pakai Vaksinasi Dan Prokes

Sedangkan 7 provinsi dengan kasus Covid-19 sudah melandai adalah Jawa Tengah, Sumatera Utara, Sulawesi Selatan, Sumatera Barat, Gorontalo, Bengkulu, dan Lampung.

“Pemerintah optimis akan terus mengendalikan pandemi Covid-18 dan berusaha menahan agar laju kasus tidak melonjak lebih tinggi lagi,” kata Sekretaris Direktorat Jenderal Kesehatan Masyarakat Kementerian Kesehatan (Setditjen Kesmas) Kemenkes, Siti Nadia Tarmizi.

Saat ini, kata Nadia, jumlah pasien yang dirawat di rumah sakit juga terus mengalami penurunan menjadi 32 persen. Turun dari hari sebelumnya yang mencapai 33 persen.

Baca juga : Cegah Omicron, Kapolri Kembali Ingatkan Pentingnya Vaksinasi Dan Disiplin Prokes

“Rata-rata 7 hari terakhir, tingkat positivity rate nasional juga mengalami penurunan menjadi 16,3 persen minggu ini. Pada minggu sebelumnya, angka positivity rate tercatat 18,2 persen,” katanya.

Jubir Vaksinasi Covid-19 Kemenkes ini menegaskan, upaya paling efektif untuk mencegah risiko kematian akibat terinfeksi Covid-19 adalah melalui vaksinasi lengkap diikuti dengan vaksinasi booster alias suntikan vaksin dosis ketiga. Vaksinasi, kata dia, secara ilmiah terbukti mampu menekan risiko terburuk dari infeksi Covid-19.

“Pemerintah sangat menganjurkan untuk terus disiplin, menjalankan protokol kesehatan serta melindungi diri melalui vaksinasi, terutama bagi lanjut usia dan memiliki komorbid,” tandas Nadia.

Baca juga : Sambut HUT Pegadaian Hadirkan Beragam Promo

Sementara, Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan ( Dinkes) Provinsi DKI Jakarta, Dwi Oktavia mengatakan, jumlah kasus aktif Covid-19 di Jakarta turun sejumlah 1.932 kasus. Sehingga jumlah kasus aktif kini sebanyak 33.177 jiwa.

“Mereka yang masih dirawat atau isolasi,” ujar Dwi.

Netizen bersyukur terjadi penurunan kasus Covid-19 di 14 provinsi dan bahkan melandai di 7 provinsi lainnya. Netizen berharap pemerintah dapat terus mengendalikan kasus Covid-19 agar tidak pembatasan apapun saat bulan Ramadan dan Idul Fitri.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.