Dark/Light Mode

PUPR Luncurkan Dua Program Hibah Pemeliharaan Jalan

Minggu, 16 Desember 2018 07:54 WIB
Menteri PUPR Basuki Hadimuljono menegaskan, 13 ruas tol baru siap dioperasikan pada Oktober-Desember 2018. Hal ini ditujukan untuk meningkatkan konektivitas antar wilayah, sebagai perwujudan Nawacita Pemerintahan Jokowi. (Foto: Humas Kementerian PUPR)
Menteri PUPR Basuki Hadimuljono menegaskan, 13 ruas tol baru siap dioperasikan pada Oktober-Desember 2018. Hal ini ditujukan untuk meningkatkan konektivitas antar wilayah, sebagai perwujudan Nawacita Pemerintahan Jokowi. (Foto: Humas Kementerian PUPR)

 Sebelumnya 
Selama lima tahun pelaksanaan PRIM digunakan untuk pemeliharaan jalan provinsi dan kabupaten di NTB sepanjang 4.565 Km. Total dana sekitar Rp 547 miliar dari APBD Provinsi Nusa Tenggara Barat sejak 2013-2018 dan Rp 78 miliar dari APBD Kabupaten Lombok Barat sejak 2017- 2018 telah terserap untuk meningkatkan standar kualitas jalan.

Seperti diketahui, kerja sama Pemerintah Pusat dan Daerah penerima hibah dilakukan di Jakarta pada Rabu, 12 Desember 2018. PHJD bertujuan mendukung pemeliharaan jalan daerah mendukung pengembangan KSPN Tanjung Kelayang, Bromo-Tengger-Semeru, Wakatobi dan Labuan Bajo.

Baca juga : JPO Tosari Dibongkar Malam Ini, Polisi Rekayasa Lalin

Sebanyak empat provinsi yakni Provinsi Bangka Belitung, Jawa Timur, Sulawesi Tenggara dan Nusa Tenggara Timur dan enam kabupaten yakni Kabupaten Belitung, Malang, Pasuruan, Lumajang, Wakatobi dan Manngarai Barat telah dipilih untuk mengikuti PHJD.

Anggaran PHJD berasal dari APBNTahun 2019 sebesar Rp 500 miliar. Mekanisme pencairan dana hibah yakni Pemerintah Daerah membiayai terlebih dahulu kegiatan fisik (konstruksi) dan non fisik (seperti penguatan perencanaan, Forum Lalu Lintas Angkutan Jalan, keterlibatan masyarakat dan gender) kemudian dana hibah dibayarkan ke pemerintah daerah jika hasil pekerjaan jalan telah memenuhi standar kualitas dari Kementerian PUPR yang disepakati sebelumnya dalam Project Management Manual (PMM).

Baca juga : Wow, Paduan Suara Binaan Pemprov DKI Jadi Juara Umum Di Italia

Sementara itu, PRIM didanai melalui bantuan Pemerintah Australia khusus untuk Kabupaten Probolinggo untuk periode tahun 2019-2021 Pemerintah Australia memberikan pendanaan melalui Kemitraan Indonesia Australia untuk Infrastruktur (KIAT), untuk penyiapan dan pelaksanaan PRIM untuk Kabupaten Probolinggo di samping terus mendukung dan memberikan pendampingan teknis terhadap empat provinsi dan enam kabupaten peserta PHJD. [QAR]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.