Dark/Light Mode

Pastikan Stok Beras Aman

Ombudsman & Kementan Pantau Panen Padi Di Indramayu

Kamis, 7 April 2022 15:49 WIB
Panen padi di Indramayu. (Foto: Ilustrasi/Istimewa)
Panen padi di Indramayu. (Foto: Ilustrasi/Istimewa)

 Sebelumnya 
Panen padi di hamparan 10.000 ha dengan varietas Inpari 32 terhitung tercapai produktivitas 8,4 ton per hektar GKP. Indramayu memang notabene sebagai sentra terbesar padi. Kabupaten dengan peringkat pertama capaian padi yakni sekitar 1,3 juta ton.

Potensi Luas panen padi se-Kabupaten Indramayu bulan April 2022 seluas 61.101 Ha dengan estimasi produksi 371.227 ton GKG, Sementara itu Muhaemin petani Poktan Tani Mulus menceritakan di hamparan luasnya 278 ha, 100 ha diantaranya untuk benih.

Baca juga : Kepolisian Yordania Sambut Kedatangan Perdana Suku Cadang Kendaraan Dari Indonesia

"Dijual untuk konsumsi produktivitas 8,4 ton per hektar, kalau harga untuk benih ya lebih bagus di atas harga pasar kalau untuk konsumsi harganya murah," sebutnya.

Kelompok Tani Mulus memang tidak hanya menghasilkan untuk konsumsi saja namun juga mulai berkembang untuk menjadi penagkaran benih.

Baca juga : Pantau Stok Bahan Pokok, Mentan Sidak Pasar Kota Makassar

"Harapanya memang kan kita sudah di bagi 100 hektar untuk benih dan 178 hektar untuk konsumsi karena yang benih ini ternyata cukup menarik dan mudah-mudahan ini menjadi sebuah motivasi bagi para petani yang ada di sini untuk bagaimana mengoptimalkan menjadi tempat penangkaran benih," tutur Muhaemin.

Nurul Huda selaku camat Cikedung dalam hal ini menyampaikan apresiasi atas perhatian Kementan beserta Ombudsman untuk mengawal sampai ke daerah.

Baca juga : Pastikan Stok Pangan Jelang Ramadhan, Kepala BPN Sidak Ke Pasar Bekasi

"Harapan saya harga gabah terus stabil dan menguntungkan petani, apalagi menjelang panen raya bulan-bulan ini," ujarnya.

Pada kesempatan tersebut diserahkan pula simbolis KUR kepada dua petani Indramayu masing masing Rp 500 juta untuk memperkuat RMU penggilingan. [KAL]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.