Dark/Light Mode

Wapres Pastikan Pemerintah Dengar Tuntutan Mahasiswa

Selasa, 12 April 2022 23:06 WIB
Wakil Presiden (Wapres) KH Ma`ruf Amin (Foto: Setwapres)
Wakil Presiden (Wapres) KH Ma`ruf Amin (Foto: Setwapres)

RM.id  Rakyat Merdeka - Wakil Presiden (Wapres) KH Ma’ruf Amin menghormati aksi unjuk rasa yang dilakukan para mahasiswa, Senin (11/4). Wapres pun memastikan, Pemerintah mendengar tuntutan yang disampaikan para mahasiswa.

“Itu (aksi unjuk rasa mahasiswa) bagian dari demokrasi. Sepanjang dilakukan dengan baik, teratur, tidak anarkis, jadi itu aspirasi dan Pemerintah mendengar berbagai tuntutan itu," katanya, pada konferensi pers seusai membuka Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (Gernas BBI) Sumatera Barat, di Kota Bukittinggi, Selasa (12/4), seperti dikutip Antara.

Baca juga : Moeldoko Tegaskan Pemerintah Siap Berikan Layanan Mudik Aman

Pada aksi yang terjadi di sejumlah kota di Indonesia tersebut, para mahasiswa menyampaikan sejumlah tuntutan. Seperti masalah kenaikan harga dan kelangkaan minyak goreng, kenaikan harga Pertamax, wacana penundaan pemilu, hingga terkait Undang-Undang Ibu Kota Negara.

Menanggapi tuntutan tersebut, Wapres menegaskan, kenaikan sejumlah harga bahan pokok dan bahan bakar minyak disebabkan beberapa faktor. Seperti naiknya permintaan menjelang Lebaran hingga situasi ekonomi global yang berubah akibat adanya konflik Rusia dan Ukraina.

Baca juga : Bos LPS Pede Likuiditas Perbankan Terkendali Di Tengah Tantangan Global

"Sekarang ini, akibat dari situasi ekonomi global, terjadi kenaikan di mana-mana. Jadi, Lebaran kali ini bukan semata-mata Lebaran yang biasanya ada kenaikan, tapi ada pengaruh dari ekonomi global," ujarnya.

Kendati ada faktor eksternal tak terduga yang tidak dapat dihindari, lanjutnya, Pemerintah berupaya memberikan bantuan dalam bentuk bantuan sosial minyak goreng. “Pemerintah berusaha agar minyak goreng yang curah ini masih bisa terkendali, termasuk salah satunya pemerintah memberikan bantuan sosial minyak goreng," ujarnya. [USU]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.