Dark/Light Mode

Disdik DKI Imbau Pelajar Tak Ikut Demo Bareng Mahasiswa

Minggu, 10 April 2022 17:21 WIB
Demonstrasi mahasiswa di Istana Bogor, Jumat (8/4). (Foto: Yudha Prananda)
Demonstrasi mahasiswa di Istana Bogor, Jumat (8/4). (Foto: Yudha Prananda)

RM.id  Rakyat Merdeka - Dinas Pendidikan (Disdik) DKI Jakarta mengimbau para pelajar untuk tidak ikut dalam aksi unjuk rasa yang diselenggarakan mahasiswa, di Jakarta, Senin (11/4). Apalagi saat ini para pelajar sedang mengikuti Pembelajaran Tatap Muka (PTM) 100 persen.

"Ada hal yang lebih penting dari hal itu (unjuk rasa). Pertama, mereka kan sedang PTM 100 persen. Kedua, kondisi juga bulan Puasa," kata Kepala Bidang Humas Disdik DKI Jakarta Taga Radja Gah, seperti dikutip Antara, Minggu (10/4).

Baca juga : BEM UI Tak Ikut Demo Senin Besok

Menurut dia, meski unjuk rasa dijamin Undang-Undang untuk menyampaikan aspirasi, namun pelajar diharapkan mengutamakan tugas untuk belajar di sekolah. Pihaknya sudah melakukan rapat koordinasi kepada sekolah, termasuk guru, untuk menyampaikan kepada para orang tua atau wali agar memberikan pemahaman kepada para pelajar.

Ia berharap, guru dan orang tua belajar dari pengalaman aksi unjuk rasa pada 2019, ketika banyak pelajar terlibat demonstrasi namun tidak tahu tujuan aksinya. "Ketika ada pihak berwajib menangkap mereka pun, ditanya demo apa, tidak tahu. Ini kan bukan mengedukasi tapi jadi kontra produktif kan terhadap aktivitas itu," ucapnya.

Baca juga : Wiranto Senangkan Mahasiswa

Seperti diketahui, para mahasiswa yang tergabung dalam aliansi BEM Seluruh Indonesia berencana akan menggelar unjuk rasa di depan Istana Merdeka, Jakarta, Senin (11/4). Ada enam poin tuntutan yang akan disampaikan mahasiswa dalam unjuk rasa tersebut. Salah satunya soal isu perpanjangan masa jabatan presiden maupun penundaan Pemilu 2024. [USU]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.