Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Menteri PUPR Pamer Sejumlah Proyek Rehabilitasi Dan Rekonstruksi Di DPR

Rabu, 13 April 2022 10:20 WIB
Rekonstruksi pembangunan Tanggul pascabencana. (foto:pupr)
Rekonstruksi pembangunan Tanggul pascabencana. (foto:pupr)

RM.id  Rakyat Merdeka - Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki memamerkan sederet proyek rehabilitasi dan rekonstruksi pasca bencana di sejumlah daerah, yaitu Provinsi Sulawesi Tengah, Sulawesi Barat, Nusa Tenggara Timur (NTT), Nusa Tenggara Barat (NTB), Jawa Timur, dan Sumatera Barat. 

Menteri dua periode ini mengatakan, Indonesia terletak pada zona tektonik yang sangat aktif atau biasa disebut 'Pacific Ring of Fire' yang menyebabkan wilayah Indonesia rawan bencana gempa bumi. 

"Penanganan bencana dilaksanakan sesuai dengan tahapan siklus bencana meliputi pra bencana dengan melakukan pencegahan dan mitigasi serta kesiapsiagaan, pada saat bencana terjadi kita melakukan tahap tanggap darurat, dan pasca bencana berupa kegiatan pemulihan  (rehabilitasi dan rekonstruksi), "kata Menteri Basuki saat Rapat Kerja bersama Komisi V DPR, Selasa (12/4) . 

Baca juga : Presiden Tiga Periode Bertentangan Dengan Konstitusi

Di Sulawesi Tengah, penanganan pascabencana gempa dan likuifaksi di  sebanyak 343 kegiatan, dengan progres 60 persen selesai, 6 persen on-going, dan sisanya 34 persen dalam persiapan di antaranya bidang SDA berupa ehabilitasi dan rekonstruksi pembangunan Tanggul Laut Pengaman Pantai Teluk Palu, bidang jalan dan jembatan berupa rekonstruksi dan pembangunan 9 ruas jalan dan 12 jembatan serta penanganan lereng di jalan nasional.

Di bidang Perumahan sebanyak 28 kegiatan, dengan progres 61 persen selesai dan 39 persen dalam persiapan salah satunya pembangunan 8.788 unit hunian tetap (huntap). Selain hunian  yang memenuhi standar, infrastruktur penunjang bidang permukiman juga dibangun sebanyak 268 kegiatan, dengan progres 66 persen selesai, 3 persen on-going, dan 30 persen dalam persiapan di antaranya rehabilitasi, optimalisasi dan pembangunan 9 SPAM di Sulawesi Tengah.

Selanjutnya, penanganan pasca bencana gempa di Provinsi Sulawesi Barat sebanyak 158 kegiatan, dengan progres 65 persen selesai, 34 persen on-going, dan 1 persen dalam persiapan. Penanganan pasca bencana Siklon Seroja di Provinsi NTT sebanyak 418 kegiatan, dengan progres 86 persen selesai dan 14 persen on-going.

Baca juga : Menteri Basuki Sibuk Keliling Cek Jalan Tol Untuk Mudik Lebaran

Penanganan pascabencana Siklon Seroja di Provinsi NTB sebanyak 38 kegiatan yang telah selesai meliputi bidang SDA 27 kegiatan, permukiman 9 kegiatan, dan pembangunan 292 unit hunian tetap. Kemudian penanganan pascabencana Erupsi Gunung Semeru di Provinsi Jawa Timur sebanyak 30 kegiatan on-going dan penanganan tanggap darurat bencana gempa di Provinsi Sumatera Barat. 

Selain penanganan bencana di 6 Provinsi tersebut, sepanjang tahun 2021 dan 2022 Kementerian PUPR juga melakukan kegiatan tanggap darurat rehabilitasi dan rekonstruksi di 12 lokasi bencana seperti banjir di Provinsi Aceh dengan target selesai akhir April 2022, longsor dan banjir Kali Ciputat di Kota Tangsel, Banten telah selesai 15 Juni 2021, dan banjir rob Pelabuhan Sunda Kelapa, Jakarta pada tanggal 7 Desember 2021 silam dan telah selesai melalui peninggian tanggul dengan geobox sepanjang 1.139 meter. 

Pada 2021, juga dilakukan penanganan tanggul jebol Sungai Citarum di Kabupaten Bekasi dan Perumahan Pondok Gede Permai di Kota Bekasi berupa pembangunan tanggul sementara geotextile jumbo bag serta tanggul permanen melalui kegiatan engendalian banjir Kali Bekasi.

Baca juga : Lestari: Penderita Kanker Butuh Edukasi & Rehabilitasi Lanjutan

Bencana tanggul longsor di Bendungan Cipancuh, bencana Jembatan Rembun amblas di Pekalongan Jawa Tengah, banjir di Kota Sintang Kalimantan Barat, banjir Kabupaten Tanah Laut Kalimantan Selatan, Banjir Kabupaten Banjar Kalimantan Selatan. 

Selanjutnya, penanganan bencana banjir di Kota Serang Banten, bencana longsor pada ruas Jalan Sumedang-Cijelag Jawa Barat, longsor pada ruas Jalan Pringsurat-Temanggung Jawa Tengah dan bencana banjir di Jayapura Papua pada 6 Januari 2022 melalui normalisasi Sungai Siborgonyi, Sungai Acai, dan Sungai Makanoay yang telah selesai 10 Februari 2022. [MFA]


 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.