Dark/Light Mode

Kemenkop UKM Dan Kementerian ESDM Gaet UKM Garap Proyek Kendaraan Listrik

Selasa, 8 Februari 2022 11:46 WIB
Sekretaris Kemenkop UKM Arif Rahman Hakim. (Foto: Dok. Kemenkop UKM)
Sekretaris Kemenkop UKM Arif Rahman Hakim. (Foto: Dok. Kemenkop UKM)

RM.id  Rakyat Merdeka - Kementerian Koperasi dan UKM (KemenkopUKM) bersama Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) bersiap mewujudkan lahirnya 1.000 unit kendaraan konversi listrik tahun ini.

Salah satu upayanya dengan menyepakati kerja sama terkait sinergi transformasi menuju Energi Baru Terbarukan, dan penerapan energi Usaha Kecil dan Menengah (UKM).

Baca juga : Selama Februari, DatascripMall.ID Gelar Program Kejar Diskon

Di mana nantinya UKM dilibatkan dalam memproduksi kendaraan listrik. Yakni dengan mensuplai bahan atau komponen kendaraan listrik. Serta UKM sebagai pelaku atau pengguna kendaraan listrik itu sendiri.

Kerja sama keduanya diwujudkan dalam penandatanganan Nota Kesepahaman (Memorandum of Understanding/MoU) atara Deputi Bidang UKM KemenKopUKM Hanung Harimba Rachman dengan Direktur Jenderal Energi Baru Terbarukan dan Konservasi Energi Kementerian ESDM Dadan Kusdiana. Yang turut disaksikan Sekretaris Kemenkop UKM Arif Rahman Hakim di Jakarta, Selasa (8/2).

Baca juga : Kemenkop UKM Dorong Kapasitas Dan Pemberdayaan UMKM Agar Cepat Naik Kelas

Arif mengatakan, kerja sama antar kementerian ini dalam rangka implementasi Peraturan Presiden RI Nomor 55 Tahun 2019 tentang Percepatan Program Kendaraan Bermotor Listrik.

Hal tersebut menurut Arif, sangat penting terkiat pembangunan berkelanjutan. MoU ini pun difokuskan dalam pengembangan SDM dan transformasi kendaraan listrik yang dibina oleh Kementerian ESDM.

Baca juga : KSP Dorong Kementerian Gercep Bangun IKN Tahap Satu

"Kita semua perlu bertransformasi berkelanjutan mengingat dampak perubahan iklim global perlu kita atasi bersama," ucap Arif.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.