Dark/Light Mode

Moeldoko: CEO Harus Bisa Prediksi Perubahan Di Masa Mendatang

Rabu, 20 April 2022 19:25 WIB
Kepala Staf Kepresidenan, Moeldoko. (Foto: ist)
Kepala Staf Kepresidenan, Moeldoko. (Foto: ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Kepala Staf Kepresidenan, Moeldoko menyerukan, kepada para CEO muda untuk bersiap dan sigap memikirkan tantangan di masa depan. Yang terpenting, menurut Moeldoko, para pemimpin muda harus mampu memahami dinamika sosial politik dan ekonomi global.

“Sebagai CEO yang andal, kita tidak hanya dituntut untuk menghadapi perubahan-perubahan yang terjadi saat ini. Tetapi juga dituntut untuk dapat memprediksi perubahan-perubahan yang terjadi di masa mendatang,” kata kata Kepala Staf saat memberikan sambutan dalam acara Indonesia Best 50 CEO Awards 2022 Employees’ Choice yang diselenggarakan oleh the Iconomics, Rabu (20/4).

Baca juga : Moeldoko Ajak Masyarakat Bantu Pemerintah Atasi Persoalan Bangsa

Kepala Staf juga membagikan pengalaman pribadinya sebagai seorang Founder/CEO. Selepas pensiun menjadi Panglima, Moeldoko mendirikan M-Tani setelah melihat peluang digitalisasi di sektor pertanian. Alhasil, bekerjasama dengan lembaga2 riset, M-Tani mampu menciptakan bibit padi baru bernama M70 yang bisa dipanen hanya dalam 70 hari saja.

Ia juga mendirikan Mobil Anak Bangsan (MAB) dengan harapan transportasi di Indonesia bisa menjadi lebih ramah lingkungan untuk menjaga keberlangsungan alam untuk anak cucu bangsa.

Baca juga : Fadel Muhammad: Empat Pilar MPR Pondasi Keutuhan Bangsa

Dalam menghadapi berbagai perubahan yang demikian cepat, seorang CEO harus memiliki kelincahan (agility), kreativitas (creativity), dan daya tahan (endurance), kata Moeldoko. Para pebisnis muda yang dipenuhi dengan gagasan-gagasan besar juga perlu meninggalkan cara-cara lama dan mencari strategi implementasi yang baru.

“Sebagai CEO harus tidak mudah menyerah, jangan lemah. Harus mampu bertindak sebagai sumber inspirasi untuk menumbuhkan kreativitas bagi institusi yang dipimpin,” lanjutnya.

Baca juga : Pasokan & Harga 12 Bahan Pokok Di Sulawesi Barat Aman

Tidak hanya mengapresiasi acara penganugerahan BEST CEO 2022 ini, Moeldoko juga sempat menyapa dan menyemangati para CEO-CEO muda yang turut hadir dalam acara. 

Sementara itu, sebanyak 50 CEO pilihan dari berbagai sektor industri, mulai dari sektor transportasi, properti, teknologi dan seterusnya, dianugerahi predikat CEO terbaik oleh The Iconomics berdasarkan pilihan dari para pegawai. [DIT]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.