Dark/Light Mode

Fadel Muhammad: Empat Pilar MPR Pondasi Keutuhan Bangsa

Selasa, 19 April 2022 16:36 WIB
Wakil Ketua MPR Fadel Muhammad saat sosialisasi Empat Pilar MPR kepada Majelis Qasidah Burdah Ar Rayhan, di Gorontalo, Senin petang (18/4). (Foto: Istimewa)
Wakil Ketua MPR Fadel Muhammad saat sosialisasi Empat Pilar MPR kepada Majelis Qasidah Burdah Ar Rayhan, di Gorontalo, Senin petang (18/4). (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Wakil Ketua MPR Prof. Fadel Muhammad menyebutkan bahwa Empat Pilar MPR yakni Pancasila, UUD NRI Tahun 1945, Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) dan Bhinneka Tunggal Ika, sangat penting disosialisasikan kepada masyarakat. Empat pondasi bangsa akan senantiasa menjadi pegangan bagi masyarakat Indonesia ke depan.

"Tugas kami di MPR adalah memperkuat pondasi bangsa, yaitu Empat Pilar MPR. Sosialisasi Empat Pilar MPR menjelaskan secara detail keempat pondasi tersebut. Kita ingin menjaga keempat pondasi bangsa ini," kata Fadel Muhammad dalam sosialisasi Empat Pilar MPR kepada Majelis Qasidah Burdah Ar Rayhan, di Gorontalo, Senin (18/4).

Baca juga : Ketum Partai Garuda Harap Demokrasi Bawa Kemajuan Bangsa

Fadel menjelaskan, MPR memiliki tugas dan kewenangan. Salah satu tugas MPR adalah memperkuat pondasi bangsa, yaitu pertama, Pancasila sebagai dasar dan ideologi negara. Kedua, UUD NRI Tahun 1945 sebagai konstitusi negara.

"Jika ada UU yang bertentangan dengan UUD NRI Tahun 1945 maka UU itu bisa dibatalkan, disesuaikan atau direvisi. UUD 1945 sudah mengalami empat kali perubahan atau amandemen," jelasnya.

Baca juga : Muhammadiyah Apresiasi Ketangguhan Sektor Pertanian Indonesia

Ketiga, Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) sebagai bentuk negara. Indonesia adalah negara kesatuan dari Sabang sampai Merauke. Keempat, Bhinneka Tunggal Ika sebagai semboyan negara yang artinya meskipun kita berbeda suku, agama, dan lainnya, tetapi tetap menyatu.

Fadel menambahkan, untuk mensosialisasikan Empat Pilar MPR, MPR telah menerbitkan seperangkat buku materi sosialisasi. Buku materi itu menjelaskan panjang lebar tentang Empat Pilar MPR.

Baca juga : 5 Manfaat Silaturahmi Bagi Lansia

"Dengan sosialisasi ini, kita tidak mau bangsa Indonesia terpecah belah. Kita juga tidak mau bangsa kita tidak mempunyai ideologi. Kita tidak mau bangsa kita tidak punya pondasi undang-undang yang menjadi pegangan kehidupan berbangsa dan bernegara," harapnya.

"Pada intinya, penyampaian sosialisasi Empat Pilar MPR kepada seluruh kalangan masyarakat Indonesia adalah agar bangsa Indonesia ini tetap utuh," imbuhnya.   
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.