Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Tersebar Di Stasiun, Terminal Dan Pelabuhan

Satgas Kerahkan 164 Ribu Relawan Buat Mudik Sehat

Rabu, 27 April 2022 07:55 WIB
Sejumlah calon penumpang menunggu jadwal keberangkatan di Terminal Kalideres Jakarta, Selasa (26/4/2022). (Foto: Randy Tri Kurniawan/RM.id)
Sejumlah calon penumpang menunggu jadwal keberangkatan di Terminal Kalideres Jakarta, Selasa (26/4/2022). (Foto: Randy Tri Kurniawan/RM.id)

 Sebelumnya 
“Di Instagram kami betul-betul mengingatkan prokes dengan berbagai cara. Membuat acara-acara termasuk live Instagram melibatkan public figure agar masyarakat paham bahaya pandemi dan tahu cara pencegahannya,” jelas Sonny.

Menurutnya, para relawan mendapat respons positif dari sebagian besar masyarakat di lapangan. Memang ada yang menolak, tetapi jauh lebih banyak yang merespons positif.

Pada kesempatan itu, Sonny mengingatkan masyarakat yang mudik sebaiknya menggunakan masker medis. Sebab, ketika mudik, menjaga jarak akan sulit dilakukan. “Masker medis itu punya filtrasi yang lebih tinggi daripada masker kain,” terangnya.

Baca juga : Pengamat BUMN Dan Pangan: Jangan Sampai Kejadian 98 Terulang

Warga juga disarankan melengkapi vaksinasi Covid-19 sebelum mudik. Kombinasi langkah-langkah ini disebut Sonny akan efektif mencegah infeksi Covid-19 saat mudik.

Sonny mengingatkan, ada empat hal yang berpotensi menyebabkan terjadinya lonjakan kasus Covid-19.

Pertama, apabila disiplin menjalankan prokes rendah. Kedua, apabila mobilitas masyarakat tinggi. Ketiga, apabila cakupan vaksinasinya rendah. Keempat, adanya varian baru.

Baca juga : Pelanggaran Netralitas ASN Jadi Catatan Bawaslu Malut

Terpisah, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi khawatir dengan potensi penularan virus Corona saat mudik. Dia pun meminta para calon pemudik segera melakukan vaksinasi booster.

“Kita pahami ancaman Covid-19 masih ada. Penularan masih terjadi, karena itu ada kata sehat di situ. Yang akan mudik seyogianya melakukan booster,” pinta Budi.

Budi sudah meminta para stakeholder menyediakan layanan vaksinasi di semua simpul transportasi. “Kita bisa kerja sama dengan TNI/Polri,” katanya. [JAR]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.