Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Gelar Pelatihan ToT Contract Farming

Kementan Tingkatkan Regenerasi Petani Di Kalimantan Selatan

Rabu, 27 April 2022 13:44 WIB
Pelatihan ToT Contract Farming di SMK PP Negeri Banjarbaru, Kalimantan Selatan. (Foto: Istimewa)
Pelatihan ToT Contract Farming di SMK PP Negeri Banjarbaru, Kalimantan Selatan. (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Kementerian Pertanian (Kementan) terus berkomitmen meningkatkan kualitas SDM Pertanian mulai dari hulu hingga hilir. Hal ini dilakukan untuk mendukung program utama Kementan dalam menjamin kualitas, produktivitas, kontinuitas, dan ketahanan pangan dengan penumbuhan 2.5 juta pengusaha petani milenial hingga tahun 2024.

Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo menegaskan, regenerasi petani merupakan keharusan dalam mengatasi permasalahan berkurangnya jumlah petani di Indonesia.  Bekerjasama Internasional Fund for Agricultural Development (IFAD) Kementan melalui Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumberdaya Manusia Pertanian (BPPSDMP) berupaya meningkatkan minat generasi muda untuk menggeluti sektor pertanian. 

"Program Youth Entrepreuneurship and Employment Support System (YESS) sangat mendukung dalam pengembangan sumberdaya manusia pertanian, dengan memberdayakan para pemuda tani untuk memanfaatkan sumber daya alam pertanian di pedesaan, secara optimal, profesional, menguntungkan dan berkelanjutan tentunya mereka ini akan siap menghadapi era milenial," ujar Dedi Nursyamsi selaku Kepala BPPSDMP dalam keterangannya, Rabu (27/4).

Baca juga : Jelang Idul Fitri, Kementan Dan TNI Gelar Pasar Mitra Tani Di Pulang Pisau

Untuk meningkatkan pengetahuan petani milenial terkait perjanjian dan kontrak kerjasama di wilayah Kalimantan Selatan, National Programme Management Unit (NPMU) bersinergi dengan Institut Pertanian Bogor (IPB) melakukan pelatihan ToT Contract Farming  bagi staff BDSP, Fasilitator Muda, Dosen dan Guru di SMK-PP Negeri Banjarbaru selaku Provincial Project Implementation Unit (PPIU) Kalimantan Selatan.

Tercatat 30 orang peserta yang berasal dari Kabupaten Tanah Bumbu, Tanah Laut dan Banjar hadir pada kegiatan yang digelar di SMK-PP Negeri Banjarbaru pada tanggal 22-24 April 2022. Dibuka langsung oleh Kepala SMK-PP Negeri Banjarbaru, Budi Santoso menjelaskan, regenerasi petani muda baik secara lokal maupun global menjadi permasalahan utama dalam hal minat terjun di dunia pertanian.

Persoalan pangan menjadi isu global dalam memenuhi kebituhan dan penumbuhan petani milenial baru.

Baca juga : Gelar Pasar Tani Di NTT, Wujud Komitmen Kementan Kawal Ketersediaan Pangan Pokok

"Strategi untuk menumbuhkan minat di dunia pertanian terus digelorakan dengan program yang menarik dalam menumbuhkan minat petani milenial berusaha di bidang pertanian. Satu dia antaranya melalui pelatihan ToT Contract Farming bagi Staff BDSP, Fasilitator muda, tenaga guru dan dosen lingkup PPIU Kalimantan Selatan," jelasnya. 

Budi menambahkan, melalui pelatihan contract farming diharapkan dapat meningkatkan kualitas dan kuantitas produk pertanian dalam meningkatkan kesejahteraan petani di kawasan Kalimantan Selatan. Program YESS memprioritaskan pada penumbuhan wirausahawan muda pertanian untuk meregenerasi dan pebyetaraan gender bagi pemuda milenial di wilayah PPIU Kalsel.

Selama pelatihan, peserta fasilitator muda dibekali materi pelatihan seperti; konsep dasar contract farming, persiapan contract farming, rencana aksi tindak contract farming, monitoring dan evaluasi contract farming, adopsi dan replica model contract farming serta strategi keberlanjutannya dan lesson learned from success story. [KAL]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.