Dewan Pers

Dark/Light Mode

Jalur Mudik Padat, Menteri ESDM Pastikan Stok BBM Aman

Kamis, 28 April 2022 19:25 WIB
Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arifin Tasrif ((bertopi) melakukan inspeksi mendadak di SPBU yang terletak diRest Area Palikanci KM 207 A, Tol Palimanan Kanci, Kabupaten Cirebon, Kamis (28/4). (Foto: Dok. Kementerian ESDM)
Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arifin Tasrif ((bertopi) melakukan inspeksi mendadak di SPBU yang terletak diRest Area Palikanci KM 207 A, Tol Palimanan Kanci, Kabupaten Cirebon, Kamis (28/4). (Foto: Dok. Kementerian ESDM)

RM.id  Rakyat Merdeka - Menteri Energi Dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arifin Tasrif didampingi Kepala BPH Migas Erika Retnowati serta Direktur Logistik dan Infrastruktuk Utama PT Pertamina (Persero) Mulyono kembali melakukan inspeksi mendadak (sidak) di Jalur mudik pantura guna memastikan ketersediaan stok bahan Bakar Minyak (BBM) bagi masyakat yang sedang mudik Lebaran Idul Fitri.

Dua SPBU yang diinspeksi pada Kamis (28/4) yaitu SPBU 34.451.60 di Rest Area Palikanci KM 207 A, Tol Palimanan Kanci, Kabupaten Cirebon dan SPBU 34.451.06 - Ciperna KM 7.

Berita Terkait : Bersiap Mudik? Lakukan 5 Hal Ini Untuk Memastikan Keamanan Ban

Berdasarkan hasil pemantauan hari ini ketersediaan stok BBM berada di level aman dan tidak ditemukan adanya kelangkaan. "Inspeksi kembali kita lakukan untuk memastikan ketersediaan BBM di SPBU-SPBU di sepanjang jalan tol. Kita mau pastikan kecukupan BBM untuk masyarakat," ujar Arifin di SPBU Rest Area Palikanci KM 207 A, Cirebon, Kamis (28/4).

Menurutnya, selain ketersediaan BBM, kita juga minta adanya penguatan dari Pertamina agar tidak terjadi kekosongan, seperti ketersedian mobil-mobil kantong yang setiap saat bisa mengisi, itu harus bisa diamankan.

Berita Terkait : Blusukan Ke Pasar Induk Kramat Jati, Anies Pastikan Stok Pangan Aman

Arifin mengatakan secara umum tidak ditemui kendala terkait ketersediaan BBM di SPBU-SPBU, justru yang terjadi saat ini adalah kepadatan arus lalu lintas masyarakat.

Menurutnya, kepadatan lalu lintas yang luar biasa ini adalah sesuatu yang tidak bisa dihindari.

Berita Terkait : Seminggu Jelang Lebaran, Pertamina Pastikan Pasokan BBM Dan LPG Aman

"Dari ketersediaan BBM, saya kira tidak ada masalah yang berarti, hanya kita lihat situasi kepadatan arus lalu lintas ini memang luar biasa," jelas Arifin.
 Selanjutnya