Dark/Light Mode

Menkominfo: WIR Group Buktikan Kemampuan Teknologi Digital Indonesia

Kamis, 5 Mei 2022 15:58 WIB
Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G. Plate. (Foto: Istimewa)
Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G. Plate. (Foto: Istimewa)

 Sebelumnya 
Seperti diketahui, Virtual Reality atau realitas maya merupakan sebuah teknologi yang membuat pengguna atau user dapat berinteraksi dengan lingkungan yang ada dalam dunia maya yang disimulasikan oleh komputer, sehingga pengguna merasa berada di dalam lingkungan tersebut.

Sedangkan Non-fungible tokens (NFT) adalah aset digital yang mewakili objek dunia nyata seperti seni, musik, item dalam game, dan video. Aset tersebut dibeli dan dijual secara online, seringkali dengan cryptocurrency, dan umumnya dikodekan dengan perangkat lunak dasar yang sama dengan banyaknya cryptos.

Baca juga : Mudik Lebaran, Menkominfo dan Operator Selular Pastikan Kelancaran Jaringan Telekomunikasi

Sementara itu, Direktur Utama PT WIR Asia Tbk Michael Budi Wirjatmo menyampaikan terima kasih kepada pemerintah melalui Kementerian Kominfo yang telah mendukung berbagai upaya pengembangan teknologi yang berbasis pada augmented reality (AR), virtual reality (VR) dan artificial intelligence (AI).                

"Dukungan penuh dari Pemerintah selama ini telah memberi kami keleluasaaan untuk mengembangkan dan masuk ke berbagai sektor, terutama untuk mewujudkan hadirnya teknologi metaverse secara pesat di Indonesia, melalui berbagai ekosistem yang akan memperkaya platform metaverse ini,"ujarnya.

Baca juga : Tinjau 6 Posko Mudik, Menkominfo Pastikan Layanan Telekomunikasi Aman

Hingga kini WIR Group telah menjalin kerjasama dan kolaborasi dengan berbagai sektor industri, pendidikan, bisnis dan UMKM dalam pengembangan teknologi metaverse sehingga memungkinkan hadirnya Indonesia yang utuh dalam ekosistem Metaverse Indonesia seperti telah direncanakan Pemerintah.                

"Kami juga berharap upaya ini dapat mendukung percepatan penerapan ekonomi digital yang direncanakan Pemerintah untuk kesejahteraan masyarakat. Kami akan melanjutkan kepercayaan tersebut dengan terus mengembangkan inovasi untuk memberikan solusi teknologi bagi beragam sektor," ujar Michael. [OSP]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.