Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Menkominfo: WIR Group Buktikan Kemampuan Teknologi Digital Indonesia

Kamis, 5 Mei 2022 15:58 WIB
Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G. Plate. (Foto: Istimewa)
Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G. Plate. (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Indonesia sedang memasuki era baru dalam pengembangan dan penerapan teknologi digital dengan pertumbuhan yang cepat. Melalui berbagai proyek metaverse di berbagai negara, WIR Group sebagai perusahaan teknologi digital anak bangsa, telah menunjukkan kemampuan dan potensi Indonesia di bidang teknologi digital kepada dunia.                

Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G. Plate mengapresiasi kiprah dan keberhasilan WIR Group sebagai perusahaan teknologi besutan anak negeri yang mendunia. Bahkan WIR Group telah melaksanakan IPO (Initial Public Offering) dan mencatatkan saham perdananya di Bursa Efek Indonesia (BEI) belum lama ini.

Tak hanya itu, perusahaan tersebut menjadi perusahaan teknologi metaverse pertama di Asia Tenggara yang Go Public.                

Baca juga : Mudik Lebaran, Menkominfo dan Operator Selular Pastikan Kelancaran Jaringan Telekomunikasi

"Melalui berbagai proyek metaverse yang berhasil dikerjakan di luar negeri serta berbagai penghargaan internasional yang diperoleh, WIR Group telah menunjukkan kepada dunia mengenai kemampuan dan potensi Indonesi di bidang teknologi digital dan kreatif. Selain itu, kami juga melihat WIR Group sejak awal membangun Metaverse Indonesia mendesain platform-nya dengan basis kearifan lokal dan nilai-nilai luhur bangsa sehingga tidak menduplikasi metaverse versi negara lain," ujar Johnny di Jakarta akhir pekan (30/4) lalu.                

Sebelumnya, PT WIR Asia Tbk (WIR Group) yang tengah membangun platform Metaverse Indonesia itu telah mencatatkan sahamnya di BEI dengan kode “WIRG”. Sambutan pasar pun positif, tercermin dari banyaknya pemesanan terhadap saham perdana WIR Group dan pergerakan harga saham WIRG yang terus menguat sejak diperdagangkan di bursa.                

"Ini menunjukkan bahwa investor menilai WIR Group memiliki fundamental yang kuat serta menyadari berbagai potensi bisnis yang dapat dikembangkan melalui metaverse karena masyarakat makin menyadari pentingnya mengadopsi teknologi tinggi," kata Johnny.                

Baca juga : Tinjau 6 Posko Mudik, Menkominfo Pastikan Layanan Telekomunikasi Aman

Kementerian Kominfo selama ini berupaya mendorong dan memberikan dukungan serta bimbingan terhadap berbagai perusahaan teknologi seperti WIR Group maupun perusahaan unicorn dan startup lainnya. Upaya tersebut dilakukan untuk memastikan masyarakat pada umumnya, termasuk usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) dapat memanfaatkan metaverse untuk pengembangan kapabilitas dan kapasitasnya.                

Lebih dari itu, Menkominfo menilai pembangunan Metaverse Indonesia oleh WIR Group merupakan kontribusi anak bangsa untuk memastikan agenda transformasi digital berjalan secara masif dan menempatkan peran Indonesia dalam kancah web 3.0 dan dunia internasional.                

Untuk itu, perlu dikembangkan literasi metaverse agar masyarakat memahami secara jelas pengertian metaverse, bukan hanya mengenai Virtual Reality (VR) semata atau Non-fungible tokens (NFT) saja.

Baca juga : Optimalkan Tol Laut, PTPN Group Distribusikan MigorĀ  Ke Wilayah Timur Indonesia

"Juga diperlukan pengembangan human capital dan infrastrukturnya pun harus harmonis dan sejalan dengan pengembangan teknologi digitalisasi," papar Johnny.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.