Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Menkop UKM: Usaha Kecil Bukan Ngurus Kerupuk Lagi, Tapi Teknologi

Selasa, 26 April 2022 00:14 WIB
Foto: Ist.
Foto: Ist.

RM.id  Rakyat Merdeka - Pemerintah mendorong pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) untuk makin naik kelas. Sekarang pelaku usaha kecil sudah banyak yang melakukan inovasi dan mengembangkan produknya sesuai kebutuhan.

Hal itu disampaikan Menteri Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Menkop UKM) Teten Masduki dalam Aksi Afirmasi Pembelian dan Pemanfaatan Produk Dalam Negeri dalam Rangka Bangga Buatan Indonesia atau Business Matching Tahap II, di Jakarta Convention Center, Jakarta.

Baca juga : Moeldoko: Pembangunan IKN Bukan Lagi Prioritas, Tapi Superprioritas

"Saya sudah keliling ke seluruh pelosok negeri ini kita melihat banyak UMKM menghadirkan produk-produk berkualitas," katanya di sela acara Business Matching Tahap II, Senin (25/4).

Jika pelaku usaha kecil terus melakukan inovasi dan mengembangkan produknya maka akan menguatkan posisi UMKM di Tanah Air. Bahkan bisa dominan untuk menjadi penyedia barang dan jasa yang dibutuhkan pemerintah.

Baca juga : Berdampak Pada Energi Dan Pangan, Perlu Langkah Nyata Sikapi Perubahan Iklim

"Jadi UMKM bukan lagi mengurus keripik, krapyak, kerupuk, dodol dan lainnya tapi (UMKM) kita sudah mulai masuk kedalam teknologi," tegas Teten.

Dia yakin beberapa UMKM sudah siap dengan produk-produk bersistem teknologi. Dia menyebut ada yang simulator, bahkan perang pun teknologinya bisa dibuat. Termasuk membuat robotik dan lain sebagainya.

Baca juga : Kesalahan Kecil Bikin Persija Keok Lagi

"Itu bisa kita buat juga. Lalu alat-alat kesehatan serta kedepannya tidak perlu impor. Kita optimis sebagai bangsa bisa menjadi pusat produksi dunia," harapnya.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.