Dark/Light Mode

Sekjen Kemendes: CPNS Harus Paham UU Desa Dan SDGs Desa

Rabu, 11 Mei 2022 15:09 WIB
Sekretaris Jenderal Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Sekjen Kemendes PDTT) Taufik Madjid memberikan arahan pada pembekalan dan orientasi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS), di Aula Makarti Muktitama, Rabu (11/5). (Foto: Humas Kemendes PDTT)
Sekretaris Jenderal Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Sekjen Kemendes PDTT) Taufik Madjid memberikan arahan pada pembekalan dan orientasi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS), di Aula Makarti Muktitama, Rabu (11/5). (Foto: Humas Kemendes PDTT)

RM.id  Rakyat Merdeka - Sekretaris Jenderal Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Sekjen Kemendes PDTT) Taufik Madjid memberikan arahan pada pembekalan dan orientasi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS), di Aula Makarti Muktitama, Rabu (11/5).

Dalam pengarahan tersebut, Sekjen Taufik berharap para CPNS mengikuti orientasi ini dengan sebaik-baiknya agar bisa lebih memahami Kemendes PDTT.

"Peserta orientasi harus memahami tugas pokok kita di Kementerian Desa dalam upaya pelayanan kepada masyarakat," ujar Taufik.

Baca juga : Potensi Bencana Tinggi, Kemendes Terbitkan Buku Panduan Desa Tangguh

Dia menegaskan, CPNS harus selalu dengungkan semangat kolektifitas atau semangat Korsa untuk bersatu membangun Kementerian Desa PDTT. Taufik meminta CPNS dengan latar belakang keahlian yang dimiliki itu dipergunakan semaksimal mungkin untuk membangun Kemendes PDTT.

"Saya mau berangkat dari titik yang sama, yaitu kita keluarga besar. Kalau nanti akan variasi tugas pokok dan sebagainya, orientasinya adalah melayani masyarakat," imbaunya.

Dia juga meminta para CPNS untuk selalu tunjukkan loyalitas dan integritas terhadap tugas dan tanggung jawab yang diberikan.

Baca juga : Perempuan Indonesia Harus Berdaya Dan Berakhlak

Taufik menyinggung kesuksesan Pemerintahan Joko Widodo (Jokowi) dan Ma'ruf Amin menjaga kestabilan negara akibat terpaan Covid-19 dan kontraksi ekonomi.

"Pertumbuhan ekonomi lima persen tanpa lockdown total. Kita harus percaya kepada pemerintah dan negara karena mencari kehidupan disini jadi tidak mungkin kita mengkhianati negara ini," tutur Taufik.

Selain itu, dia juga mengingatkan para CPNS untuk bisa khatam soal SDGs Desa yang menjadi platform atau tujuan utama kemendes PDTT yang terdiri dari 18 tujuan dan 222 Indikator.

Baca juga : Kemendagri Bekali ASN Jago Powtoon Dengan Singkat Dan Cepat

SDGs Desa ini nantinya menjadi arah kebijakan pembangunan desa dan menjadi roadmap untuk menentukan model pembangunan desa nantinya.

"Setelah urusan ideologi, Anda harus pahami UU Desa dan SDGs Desa yang menjadi roadmap pembangunan desa," ingatnya.

"Anda harus paham soal Desa Tanpa Kemiskinan, Desa Sehat Sejahtera, hingga Lembaga Desa Dinamis dan Budaya Desa Adaptif di tujuan ke-18," sambung Taufik.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.