Dewan Pers

Dark/Light Mode

Sekjen Sudirman Said: PMI Terus Mempercepat Digitalisasi Layanan

Kamis, 31 Maret 2022 07:31 WIB
Sekjen PMI Sudirman Said. (Foto: Ist)
Sekjen PMI Sudirman Said. (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Sekretaris Jenderal (Sekjen) Palang Merah Indonesia (PMI) Sudirman Said membuka Bimbingan Teknis (Bimtek) implementasi Sistem Informasi dan Administrasi Manajemen Operasi, di Gedung Kesenian Kota Prabumulih, Sumatera Selatan, Rabu (30/3).

Bimtek ini diberikan kepada pengurus, staf dan relawan PMI se-Sumatera Selatan. Kegiatan ini dihadiri Bupati Prabumulih Ridho Yahya, dan didukung oleh Pemerintah Kota (Pemkot) Prabumulih.

Berita Terkait : Gandeng Mitra Baru, KBIJ Dukung Digitalisasi Jasa Keuangan

Saat memberikan sambutan, Sudirman menyatakan, saat ini PMI terus memantapkan proses digitalisasi layanan kemanusiaan.

"Monitoring stok darah, mobiliasasi relawan dan kogistik, pengelolaan keuangan dan asset pada waktunya akan diselenggarakan dalam platform digital," ujar Sudirman, di hadapan pengurus, staf dan relawan PMI se-Sumatera Selatan, Rabu (30/3).

Berita Terkait : Bangun Hunian Di IKN, PUPR Merapat Ke Sinarmas Land

Dijelaskan mantan menteri ESDM ini, beberapa sub sistem sudah berjalan secara paralel. Di antaranya, SIMDONDAR untuk pelayanan Donor Darah, SIAK untuk Pengelolaan Asset dan Keuangan, dan SIAMO untuk mobilisasi relawan dan operasi kebencanaan.

Diingatkan Sudirman, digitalisasi sistem pelayanan ini merupakan usaha untuk menjaga transparansi dan akuntabilitas PMI.

Berita Terkait : Leap Telkom Perluas Percepatan Digitalisasi Ke Jawa Timur

"PMI menyadari tanpa dukungan masyarakat tidak mungkin menjalankan tugas-tugas layanan kemanusiaan. Karena itu kepercayaan itu harus dijaga dengan transparansi dan akuntabilitas," tandasnya. [OKT]