Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Penuhi Kebutuhan Migor Curah

Lutfi: Program Migor Rakyat Manfaatkan Teknologi Digital

Selasa, 17 Mei 2022 13:56 WIB
Menteri Perdagangan (Mendag) Muhammad Lutfi saat meninjau Program Migor Rakyat, Selasa (17/5). (Foto: Istimewa)
Menteri Perdagangan (Mendag) Muhammad Lutfi saat meninjau Program Migor Rakyat, Selasa (17/5). (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Kementerian Perdagangan (Kemendag) terus berupaya memenuhi kebutuhan minyak goreng (migor) curah Rp 14 ribu per liter untuk masyarakat. Salah satu cara agar tepat sasaran, dengan memaksimalkan teknologi digital.

Kemendag dan Kementerian BUMN bersinergi bersinergi dengan pelaku usaha migor, meluncurkan Program MigorRakyat, Selasa (17/5).

Baca juga : Erick Minta Anak Muda Manfaatkan Momentum Digitalisasi

Menteri Perdagangan (Mendag) Muhammad Lutfi mengatakan, program ini bertujuan agar penjualan migor curah dengan harga Rp 14 ribu per liter dapat tepat sasaran, yaitu untuk masyarakat berpendapatan rendah.

"Program ini merupakan bentuk kepedulian pengusaha migor untuk rakyat. Sepenuhnya dijalankan melalui proses bisnis antara distributor minyak goreng dengan para pengecer atau pelaku usaha kecil. Tidak ada subsidi minyak goreng untuk para pengusaha dan pada waktunya akan menjadi suatu terobosan bisnis model baru," ujar Mendag Lutfi saat meninjau implementasi program di Jakarta, Selasa (17/5).

Baca juga : Penuhi Kebutuhan Harian, Astro Luncurkan Produk Private Label

Sementara itu, Direktur Jenderal Perdagangan Dalam Negeri Kemendag Oke Nurwan menjelaskan, Program Migor Rakyat menekankan pada transaksi eceran langsung kepada penerima manfaat, yaitu kelompok masyarakat berpendapatan rendah.

Implementasi dilaksanakan oleh pelaku usaha migor menggunakan teknologi aplikasi digital untuk memastikan penjualan migor curah Rp 14 per liter tepat sasaran. Para pengecer akan melakukan penjualan kepada masyarakat sebanyak 1 atau 2 liter per hari berbasis kartu identitas atau KTP.

Baca juga : Penuhi Kebutuhan Ramadan-Lebaran, Bank Mandiri Siapkan Uang Tunai Rp 28 T

Daftar lokasi penjualan (titik jual) Program MigorRakyat yang menggunakan platform Gurih Indomarko dan Warung Pangan IDFood dapat diakses oleh siapa saja. Saat ini sudah ada 1.200 lokasi yang tersebar di lima provinsi yaitu DKI Jakarta, Jawa Barat, Banten, Jawa Timur, Sumatra Utara, dan Sulawesi Utara.

"Dalam waktu dekat, jumlahnya akan menjadi 10 ribu lokasi di seluruh Indonesia," pungkas Oke. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.