Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Covid-19 Masih Ada Dan Bisa Menular

Transisi Menuju Endemi Ujian Untuk Masyarakat

Sabtu, 21 Mei 2022 07:55 WIB
Health Educator Medic Teams of Pandemic R.A Adaninggar. (Foto: Instagram)
Health Educator Medic Teams of Pandemic R.A Adaninggar. (Foto: Instagram)

RM.id  Rakyat Merdeka - Indonesia tengah menuju fase endemi Covid-19. Berbagai protokol kesehatan (prokes) mulai dilonggarkan. Tetapi perlu diingat, meski status sudah endemi, virus Corona masih tetap ada dan bisa menular.

“Masih banyak yang tidak paham dan menganggap ketika sudah endemi, semua bisa balik kembali normal seperti dulu. Tidak begitu,” ujar Health Educator Medic Teams of Pandemic R.A Adaninggar dalam diskusi virtual, kemarin.

Ketika jadi endemi, Covid-19 akan serupa seperti penyakit endemi lain, yaitu malaria, demam berdarah, influenza dan sebagainya. “Itu semua penyakit endemi yang selalu ada,” imbuhnya.

Baca juga : Menkes: Langkah Awal Transisi Menuju Endemi

Karena itu, dokter spesialis penyakit dalam ini mengingatkan, protokol kesehatan (prokes) dianggap penting, meski Indonesia tengah menuju atau sudah endemi. Diharapkan, saat endemi nanti, kesadaran masyarakat sudah tinggi.

Sebab, pada masa itu, pencegahan Covid akan dilakukan berdasarkan kesadaran individu. Jadi, dalam menjalankan prokes, mereka tidak perlu disuruh-suruh oleh Satgas atau tidak lagi diingatkan oleh Pemerintah melalui kebijakannya.

“Kalau ke tempat tertutup harus memakai masker. Jika di sekeliling ada yang sakit, otomatis sudah melindungi diri. Paham penanganan, dan jika pernah melakukan kontak erat atau mulai bergejala, segera tes sendiri,” ujar Adaninggar.

Baca juga : Menkes: Pelonggaran Pemakaian Masker Langkah Transisi Menuju Endemi

Dia menyebut, endemi itu mengalihkan tanggung jawab penanganan Covid dari Pemerintah kepada masyarakat.

“Dalam kondisi endemi, kita akan dilepas secara mandiri. Masyarakat harus bertanggung jawab kepada diri sendiri dan kepada lingkungan,” terangnya.

Adaninggar mengatakan, pelonggaran prokes bertahap adalah langkah yang tepat. Indonesia, mengikuti jejak negara-negara lain yang sudah dulu mulai duluan.

Baca juga : Tren Covid-19 Menurun, Wantimpres Minta Masyarakat Tetap Waspada

“Pada saat kondisi Covid sudah mulai terkendali, kita boleh melonggarkan beberapa restriksi. Terutama terkait prokes menuju transisi endemi,” tutur dia.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.