Dark/Light Mode

Gelar Baksos Bersama Mahasiswa Dan OKP

GMKI: Polri Menjadi Bhayangkara Masyarakat

Selasa, 26 April 2022 15:20 WIB
Ketua Umum PP GMKI Jefri Gultom. (Foto: Ist)
Ketua Umum PP GMKI Jefri Gultom. (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Polri bersama mahasiswa, Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM), dan Organisasi Kepemudaan (OKP) berkolaborasi menggelar kegiatan bakti sosial (baksos) bulan Ramadan untuk masyarakat, khususnya yang bermukim di wilayah slum area.

Gerakan Mahasiswa Kristen Indonesia (GMKI) mengucapkan terima kasih kepada Polri yang telah melibatkan mahasiswa untuk membagika  sembako kepada masyarakat di daerah slum area tersebut. "Di saat kondisi sulit, Polri menjadi Bhayangkara masyarakat," kata Ketua Umum PP GMKI Jefri Gultom, Selasa (26/4).

Dia memaparkan, perekonomian Indonesia mengalami tekanan berat akibat pandemi Covid-19 dan geopolitik global yakni perang Rusia-Ukraina sehingga masyarakat mengalami kesulitan.

Baca juga : Kapolri: Teruslah Berkontribusi Terbaik untuk Bangsa

"Pandemi Covid dan geopolitik global menyebabkan lonjakan harga komoditas, lonjakan harga energi, dan supply chain shock," tutur mahasiswa Pasca Sarjana Universitas Indonesia (UI) itu.

Sebagaimana Pasal 13 Undang-Undang No 2 Tahun 2002 mengenai Kepolisian Re­publik Indonesia, Polri me­miliki tiga tugas pokok. Pertama, memelihara keamanan dan ketertiban masyarakat.

Ke­dua, sebagai instrumen negara yang melakukan penegakan hu­kum. Ketiga memberikan per­lindungan, pengayoman, dan pelayanan kepada masyarakat.

Baca juga : Masinton Jadi Banyak Musuhnya

Dan ketiga, tugas pokok tersebut me­mosisikan Polri sebagai pilar utama dalam penegakan hu­kum, penjagaan keamanan, dan perlindungan masyarakat.

Melalui kewenangan tersebut diharapkan akan dapat dilaksanakan prinsip negara hu­kum sebagaimana dimak­sudkan dalam Pasal 1 ayat 3 UUD 1945.

"Penegasan ketentuan konstitusi ini bermakna bahwa segala as­pek kehidupan dalam ke­ma­sya­rakatan, kenegaraan, dan pe­me­rintahan harus senantiasa ber­dasarkan atas hukum," terang Jefri.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.