Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Kunjungi Biak, Moeldoko Pastikan KSP Konsisten Kawal Pengembangan Papua

Senin, 30 Mei 2022 20:10 WIB
Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko (berkemeja putih) didampingi Deputi V KSP Jaleswari Pramodhawardani (berjaket biru) melakukan kunjungan kerja ke Biak Numfor, Papua, Senin (30/5). (Foto: Dok. KSP)
Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko (berkemeja putih) didampingi Deputi V KSP Jaleswari Pramodhawardani (berjaket biru) melakukan kunjungan kerja ke Biak Numfor, Papua, Senin (30/5). (Foto: Dok. KSP)

RM.id  Rakyat Merdeka - Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko melakukan kunjungan kerja ke Biak Numfor, Papua, Senin (30/5). Kunjungan ini untuk menindaklanjuti pertemuan Presiden Jokowi dengan Bupati Biak Numfor Herry Ario Naap, Jumat (20/5).

"Kunjungan saya hari ini atas perintah Presiden. Untuk melihat secara langsung betapa besarnya potensi Biak secara geopolitik dan ekonomi. Sejak awal KSP (Kantor Staf Presiden) konsisten mengawal perkembangan Papua, khususnya Biak," kata Moeldoko, saat menyampaikan arahan, di Pangkalan Udara TNI AU Manuhua, Biak Numfor, seperti keterangan yang diterima RM.id.

Hadir dalam acara tersebut, Bupati Biak Numfor Herry Ario Naap, Panglima Komando Gabungan Wilayah Pertahanan III Letjen TNI I Nyoman Cantiasa, Panglima Komando Operasi III TNI AU Biak Marsma TNI Samsul Rizal, Kabinda Papua Mayjen TNI Gustav Agus Irianto, dan jajaran Forkopimda Biak Numfor.

Baca juga : Terima Kunjungan Bapanas, Andika Tegaskan TNI Ikut Urus Ketahanan Pangan Nasional

Moeldoko menyampaikan, ada empat agenda strategis Presiden Jokowi terkait percepatan pembangunan kesejahteraan Papua, khususnya di wilayah adat Seireri, yang mencakup kabupaten Biak Numfor, Supiori, Kepulauan Yapen, dan Waropen. Keempat agenda tersebut adalah pembangunan potensi perikanan beserta Sarpras dan infrastruktur pendukung, pembangunan bandara antariksa, pembangunan ekonomi lokal, dan event internasional Sail Teluk Cenderawasih 2023.

Untuk memastikan agenda-agenda strategis Presiden Jokowi tersebut berjalan, Moeldoko menekankan pentingnya kolaborasi seluruh lini. Mulai dari pemerintah pusat, pemerintah daerah, hingga jajaran TNI-Polri. Agar momentum ini bisa secara efektif dan optimal mewujudkan percepatan pembangunan di Papua, khususnya di Pulau Biak. 

"Saya sendiri menginginkan pembangunan Papua melompat. Harus ada boosting untuk perkembangan pendidikan, kesehatan, dan lainnya. Karena Presiden concern terhadap hal ini. Untuk itu, butuh kolaborasi dari semua pihak," ucapnya.

Baca juga : Waketum Golkar: SOKSI Konsisten Bantu Pemerintah Pulihkan Ekonomi

Dalam kesempatan itu, Moeldoko juga mengingatkan, pemerintah daerah benar-benar memanfaatkan Dana Otsus untuk kesejahteraan masyarakat Papua. "Saya minta itu dijaga benar-benar untuk kepentingan masyarakat. Anda jangan merasa sendiri. Karena sepertiga pekerjaan kami di Pusat untuk Papua," pesan Moeldoko.

Usai menyampaikan arahan, Moeldoko, yang didampingi Deputi V KSP Jaleswari Pramodhawardani, melakukan pantuan udara di wilayah Biak Numfor dengan menggunakan pesawat CN 235 AI-2317 Skadron Udara 27. Moeldoko melihat langsung lokasi-lokasi strategis untuk pengembangan potensi kelautan dan perikanan serta pengembangan kekuatan pertahanan keamanan yang bisa mendukung terlaksananya pembangunan kesejahteraan Papua.

"Tadi saya lihat betapa besarnya potensi Biak. Tinggal bagaimana sekarang kita menyatukan kekuatan untuk mengembangkan potensi tersebut, baik geopolitik maupun ekonominya," pungkas Moeldoko.■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.