Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Pesan Megawati Ke TNI AL: Jaga Terus Pancasila Dan NKRI

Selasa, 21 Juni 2022 10:58 WIB
Ketua Dewan Pengarah BPIP Megawati Soekarnoputri bersama KSAL Laksamana TNI Yudo Margono, dan Kepala BPIP Yudian Wahyudi. (Foto: Ist)
Ketua Dewan Pengarah BPIP Megawati Soekarnoputri bersama KSAL Laksamana TNI Yudo Margono, dan Kepala BPIP Yudian Wahyudi. (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Ketua Dewan Pengarah Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP), Megawati Soekarnoputri mengatakan, Tentara Nasional Indonesia Angkatan Laut (TNI AL) harus komitmen menjaga Pancasila dan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Presiden RI Ke-5 itu mengatakan, selain menjaga Ideologi dan Negara prajurit juga harus bernafaskan Pancasila dalam berkehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara. "Pertama kalian harus yakin bahwa Pancasia digali oleh Bung Karno untuk Bangsa kita," kata Megawati, saat menjadi keynote speech pada Saresehan Pembinaan Mental Ideologi 2022 di Jakarta, Senin, (20/6).

Kegiatan ini bertemakan "Penguatan Pembinaan Mental Ideologi dalam Kehidupan Prajurit TNI Angkatan Laut dan Shipnaming KRI Bung Karno-369". 

Mega melanjutkan pesannya agar prajurit untuk tidak melupakan sejarah. Ia bahkan meminta kepada seluruh anggota TNI untuk mempopulerkan salam Pancasila sebagai salam kebangsaan.

"Kita juga harus mempopulerkan sebuah salam kebangsaan yaitu salam Pancasila" ujarnya. "Menggelorakan salam kebangsaan ini jangan selalu disuruh harus datangnya dari hati dan kesadaran diri," tegasnya.

Baca juga : Kejahatan Phising Merajalela, Jaga Kerahasiaan Data Pribadi

Ia juga menceritakan bahwa salam Pancasila adalah mengadopsi salam kemerdekaan. Ia juga menjelaskan tentang Bung Karno yang memiliki perjuangan untuk kemerdekaan Indonesia bahkan dia rela dibuang diasingkan ke mana-mana, tetapi dia tidak menyerah dan justru menggali nilai-nilai bangsa.

"Bung Karno diasingkan, dibuang dia tidak menyerah, justru akibat dibuang di sana-sini, dimanfaatkan untuk berdialog kepada seluruh masyarakat untuk menggali nilai-nilai," paparnya.

Ia berharap, kepada prajurit untuk terus berpedoman kepada Bung Karno dalam memperjuangkan Ideologi dan NKRI. "Untuk menjadi pembela negara harus begitu juga", sarannya.

Ia menegaskan, Pancasila sudah final jangan ada lagi yang mengoyak-oyak Pancasila. Meskipun demikian ia masih khawatir masih ada sekelompok orang yang ingin mengganti Ideologi negara itu.

"Tidak ada lagi Ideologi yang bisa menggantikan Pancasila, tidak akan cocok ideologi-ideologi lain," paparnya.

Baca juga : Mega Sehat, Tapi Jaga Keseimbangan

Kepala Staf Angkatan Laut Laksamana TNI Yudo Margono menekankan kepada anggotanya untuk berpedoman pada Pancasila. "Pancasila adalah pilar Ideologi kita, sebagai bintang penuntun, maka dari itu kita harus menjaga Pancasila dan mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari," ajaknya.

Ia juga memastikan anggotanya tersebut memiliki Ideologi Pancasila. Meskipun demikian untuk menguatkan Ideologi perlu peran aktif seperti saresehan tersebut.

"Kami merasa perlu berperan aktif dalam membumikan Pancasila dalam kehidupan nyata, salah satunya dalam saresehan ini", ujarnya.

Ia mengaku, beruntung karena dalam acara yang dihadiri ratusan anggota TNI AL tersebut dihadiri Presiden Ke-5 atau Ketua Dewan Pengarah BPIP. "Kami sangat beruntung, karena mendapatkan pencerahan dari Ibu Ketua Dewan Pengarah BPIP langsung", ucapnya.

Ia juga mengatakan penamaan Shipnaming KRI Bung Karno-369 merupakan inspirasi dari Presiden Pertama RI Bung Karno. "Bung Karno adalah tokoh konsep sistem pertempuran, kesemuanya tidak dimiliki AL di negara lain dan hanya dimiliki AL Indonesia," ujarnya.

Baca juga : Pesan Mas Menteri Ke Anak Buah: Terus Berinovasi Wujudkan Nilai-Nilai Merdeka Belajar

Kepala BPIP, Yudian Wahyudi saat mendampingi Megawati mengapresiasi, kepada TNI AL yang sudah siap dan berkomitmen untuk memperkuat, menjaga dan mengamalkan nilai-nilai Pancasila.

Pihaknya bahkan akan membangun kerja sama terkait Pembinaan Ideologi Pancasila seperti kepada satuan lain di lingkungan TNI, sehingga diharapkan PIP tersebut dapat merata ke seluruh wilayah kerja TNI AL di Indonesia.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.