Dewan Pers

Dark/Light Mode

Jalan Pakai Tongkat

Mega Sehat, Tapi Jaga Keseimbangan

Jumat, 10 Juni 2022 06:50 WIB
Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto menggandeng tangan Presiden ke-5 RI sekaligus Ketum PDIP Megawati Soekarnoputri saat menaiki tangga. Prabowo Subianto membantu Megawati Soekarnoputri untuk menaiki tangga di Universitas Pertahanan, Bogor pada Senin (6/6/2022). (Foto : Istimewa).
Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto menggandeng tangan Presiden ke-5 RI sekaligus Ketum PDIP Megawati Soekarnoputri saat menaiki tangga. Prabowo Subianto membantu Megawati Soekarnoputri untuk menaiki tangga di Universitas Pertahanan, Bogor pada Senin (6/6/2022). (Foto : Istimewa).

RM.id  Rakyat Merdeka - Ada yang beda dari penampilan Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri. Presiden RI Ke-5 itu, kini terlihat sudah mengenakan tongkat untuk membantu jalannya. Mengetahui Mega pakai tongkat, netizen bertanya-tanya Mega sakit apa.

Setidaknya sudah tiga kali Mega terekam kamera jalan menggunakan tongkat. Pertama, saat menjadi penguji Sekretaris Jenderal PDIP Hasto Kristiyanto dalam sidang promosi terbuka program Doktor Universitas Pertahanan program studi ilmu pertahanan, Senin (6/6) lalu. Mega hadir didampingi Menteri Pertahanan Prabowo Subianto.

Di momen ini, putri Proklamator Soekarno itu, untuk pertama kalinya terlihat menggunakan tongkat guna membantu langkahnya berjalan. Prabowo yang mengetahui Mega kesulitan menapakkan langkahnya berusaha membantu. Dengan cekatan, Ketua Umum Partai Gerindra itu, memegang tangan Mega untuk menaiki anak tangga.

Momen berikutnya, saat Mega dilantik Presiden Jokowi menjadi Ketua Dewan Pengarah Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) di Istana Negara, Jakarta, Selasa (7/6) lalu. Mega terlihat menggunakan tongkat saat menuruni tangga Istana menuju mobilnya.

Berita Terkait : Jokowi Lantik Jajaran BPIP 2022-2027, Mega Tetap Jadi Ketua Dewan Pengarah

Terakhir, Mega terlihat menggunakan tongkat saat bersama Jokowi meresmikan Masjid At-Taufiq yang berlokasi di depan gedung Sekolah Partai PDIP, Lenteng Agung, Jakarta Selatan, Rabu (8/6).

Tongkat yang dipakai Mega berwarna cokelat. Sedangkan di bagian ujungnya untuk pegangan tangan melengkung. Seperti gagang payung lama.

Apakah Mega sakit? Politisi senior PDIP, Hendrawan Supratikno menyebut kondisi bosnya itu, baik-baik saja. Tidak kurang sedikitpun dari kesehatan Mega. “Ibu sehat. Pakai tongkat bukan berarti sakit,” jawab Hendrawan, saat dikonfirmasi Rakyat Merdeka, kemarin.

Menurut dia, Mega menggunakan tongkat hanya untuk jaga keseimbangan saja. Dirinya juga mengakui acap kali dibantu tongkat untuk menunjang aktivitasnya.

 

Berita Terkait : Luhut Menteri Cekatan, Tapi Banyak Yang Nyinyir

“Saya sering pakai tongkat untuk menjaga keseimbangan saja, dan mengurangi indeks keletihan,” tandas anggota Komisi XI DPR itu.

Sementara, Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto saat dikonfirmasi mengaku, tidak tahu persis kenapa Mega harus sampai menggunakan tongkat. Sebab, di momen pengujiannya bergelar doktor pertahanan, Hasto tidak mendampingi Mega.

“Wah saya di ruangan sidang saat itu,” singkat Hasto yang enggan membeberkan alasan Mega menggunakan tongkat.

Lalu apa penilaian medis soal Mega pakai tongkat? Dokter Spesialis Otot, Tulang Belakang, tulang dan sendi alias ortopedi, Eka Mulyana mengatakan, biasanya wanita yang berusia di atas 50 tahun rentan terkena penyakit pengapuran. Pengapuran bisa terjadi akibat aktivitas yang dijalani terlalu berlebihan. Sehingga untuk meredakan keluhan saat berjalan, sebaiknya menggunakan tongkat.

Berita Terkait : Tembakau Punya Potensi Ekonomi Sangat Besar, Tapi Belum Maksimal Dimanfaatkan

Warganet ikutan riuh mengetahui Mega menggunakan tongkat. Menurut mereka, tidak ada yang aneh dengan Mega yang kini pakai tongkat.

“Sudah Sepuh. Megawati jalan pake tongkat dibantu Prabowo naik tangga,” tulis @cobeh2021. “Udah Bu jangan lama-lama kasihan yang bantuin,” timpal @AyahAlifa6.

Padahal, dikatakan @Budionotaslim3 usia Mega dan Prabowo tidak terpaut jauh. “Usia Pak Prabowo dengan Bu Mega nggak jauh lho. Kalau nggak salah cuma selisih 2 tahunan,” tukasnya. “Udah sepuh tapi masih juga dibebani berbagai jabatan,” seloroh @Jelajah513.

Akun @syams_weld berharap Mega lebih banyak di rumah kumpul bersama keluarga. “Beristirahatlah dengan tenang, Bu. Agar anak, cucu, dan cicit punya banyak waktu luang untuk berkumpul dan bercengkrama,” harap dia. “Penggantinya pun sudah siap,” jawab @MSyam_ilwa sembari mengunggah foto Puan Maharani mengenakan hijab berwarna merah. [UMM]