Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Bangun Jalan Dan Jembatan

Menteri PUPR Dorong Pertumbuhan Ekonomi Wisata Di Pulau Nias

Sabtu, 2 Juli 2022 08:41 WIB
Pembangunan jalan di Nias Sumatera Utara.
Pembangunan jalan di Nias Sumatera Utara.

RM.id  Rakyat Merdeka - Selain bangun jalan lingkar Nias, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) tengah memulai pekerjaan peningkatan struktur Jalan Laehuwa-Ombulata-Tumula-Faekhuna’a sepanjang 14 km. Ruas tersebut, merupakan jalan sirip menghubungkan Lingkar Barat dan Lingkar Timur Nias, tepatnya dari Nias Utara menuju Kota Gunung Sitoli di Pulau Nias.

Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono mengatakan, Kementerian PUPR terus memberikan dukungan pembangunan infrastruktur untuk mendorong perekonomian, khususnya sektor pariwisata di Pulau Nias, Provinsi Sumatera Utara, salah satunya lewat pembangunan jalan dan jembatan. 

"Pekerjaan kontraktor tolong diawasi kualitasnya, termasuk oleh Pak Bupati, supaya awet karena di ruas ini jarang truk, seharusnya bisa tahan lama. Proses perkerasannya dikerjakan dengan bagus, sehingga aspal menjadi lebih kuat," kata Basuki didampingi Staf Ahli Menteri PUPR Bidang Teknologi, Industri dan Lingkungan Endra S. Atmawidjaja saat meninju jalan di Nias,Jumat (1/7). 

Baca juga : Katering Bagus, Tapi Nasinya Dikomplen Nih Pak

Menteri dua periode ini juga menekankan, pesan kepada konsultan supervisi untuk mengawasi proses konstruksi ruas jalan agar hasilnya berkualitas. 

"Pembuangan sisa pekerjaan juga jangan sembarangan, intinya yang kuat dan rapi pekerjaannya," tegasnya. 

Pekerjaan peningkatan struktur Jalan Laehuwa-Ombulata-Tumula-Faekhuna’a sepanjang 14 km di tahun 2022 dilaksanakan dengan anggaran Rp 32,36 miliar. Konstruksinya dilaksanakan oleh kontraktor PT Manel Star dan konsultan supervisi PT Arci Pratama Konsultan-PT Irbie Nusa Konsultan, KSO. 

Baca juga : Pemerintah Dorong Penguatan Kerja Sama Ekonomi Regional

Dalam tinjauan tersebut, Basuki juga meminta untuk diprogramkan pekerjaan tambahan pada ruas tersebut hingga tersambung ke Lingkar Barat Nias. 

"Pastikan peningkatan jalan berujung ke jalan Lingkar Barat Nias, sehingga jika diperlukan tambahan pekerjaan dari yang ada 14 km, dapat segera didesain dan diprogramkan. Ditambah masih ada sekitar 1,5 km lagi yang masih jalan tanah," tuturnya.

Sementara Bupati Nias Utara, Amizaro Waruwu mengucapkan terima kasih banyak atas bantuan pembangunan beberapa ruas jalan dan infrastruktur lainnya. 

Baca juga : Ketua MPR Bamsoet Apresiasi Polri Dorong Percepatan Pemulihan Ekonomi

Menurutnya, ruas jalan tersebut akan sangat membantu akses warga khususnya di Kecamatan Alasa hingga Afulu di Kabupaten Nias Utara.■ 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.