Dark/Light Mode

Jaga Keberlanjutan Program MBKM

Mendikbudristek Imbau Alumni Jadi Contoh Sukses

Selasa, 5 Juli 2022 18:53 WIB
Mendikbudristek Nadiem Makarim. (Foto: Humas Kemendikbudristek)
Mendikbudristek Nadiem Makarim. (Foto: Humas Kemendikbudristek)

RM.id  Rakyat Merdeka - Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Mendikbudristek) Nadiem Makarim menyebut, para alumni program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) merupakan garda terdepan dalam menjaga keberlanjutan program MBKM.

Menurutnya, para mahasiswa yang telah merasakan sendiri manfaat dari program ini dapat mendorong kampus menciptakan program serupa atau secara mandiri di dalam kampusnya, serta menjadi contoh sukses bagi mahasiswa lain yang belum berkesempatan mengikuti MBKM.

“Menurut saya itu adalah kontribusi terbesar alumni MBKM agar program ini terus berlanjut dan berkesinambungan,” ucap Nadiem, dalam Road to Festival Kampus Merdeka yang ditayangkan di kanal Youtube Kemendikbud RI, Selasa (5/7).

Baca juga : Kepala BNPT Kenalkan Program KTN Ke Mendagri Singapura

Acara ini sendiri digelar dalam rangka menyambut Festival Kampus Merdeka (FKM) yang akan diselenggarakan pada bulan Agustus mendatang sebagai tindak lanjut pencapaian strategis dalam peningkatan keberlanjutan program MBKM.

Pada kesempatan ini pula, Menteri Nadiem mendorong para alumni program untuk berbicara mengenai manfaat dan pengalaman yang mereka rasakan, baik melalui media sosial maupun media-media lainnya.

Kesempatan ini menjadi peluang untuk menarik lebih banyak lagi mahasiswa yang dapat berpartisipasi dalam program MBKM.

Baca juga : Jadi Guru Tamu, Mendikbudristek Masuk Kelas Bersama Desta

“Kalian bisa bersuara ke banyak pihak, mempromosikan program ini sehingga semakin banyak adik-adik kelas kalian yang ikut mencoba untuk masuk dalam program ini,” tutur Nadiem. 

Ia juga berpesan kepada para peserta Indonesian International Student Mobility Awards (IISMA) untuk dapat menunjukkan nilai-nilai budaya bangsa dan kebinekaan di panggung dunia. Hal ini menjawab pertanyaan yang diajukan oleh mahasiswa lainnya, Muhammad Bijaksabara.

“Mahasiswa-mahasiswa IISMA jadi duta kita di luar negeri agar orang bukan hanya mempersepsikan Indonesia sebagai negara berkembang, tetapi sebagai negara yang maju dengan pesat. Bukan hanya mengejar ketertinggalan, tetapi melompat ke masa depan,” ucapnya.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.