Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Kemendikbudristek: Keluarga Adalah Sistem Pendukung Keberhasilan Generasi Penerus Bangsa

Rabu, 6 Juli 2022 22:49 WIB
Foto: Ist.
Foto: Ist.

RM.id  Rakyat Merdeka - Untuk menyemarakkan Hari Lahir Pancasila, Hari Keluarga Nasional, dan Hari Anak Nasional, Pusat Penguatan Karakter (Puspeka) Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) menggelar Festival Generasi Pancasila.

Acara yang mengusung tema "Pelajar Pancasila Bangga Punya Pancasila" tersebut bertujuan untuk memperkuat karakter Pancasilais yang dibangun sejak dari lingkungan keluarga.

Sebagai rangkaian kegiatan Festival Generasi Pancasila, Puspeka menggagas gelar wicara yang menghadirkan narasumber dari kalangan pejabat Kemendikbudristek.

Baca juga : RUU KIA Inisiatif DPR, Puan: Pedoman Buat Generasi Penerus Jadi SDM Unggul

Serta, kelas daring dengan narasumber praktisi untuk berbagi kisah inspiratif seputar perjalanan hidup mereka menerapkan nilai-nilai Pancasila, terutama dalam meraih cita-cita.

Salah satu nilai Pancasila yang ditekankan oleh para narasumber adalah gotong royong, khususnya berkaitan dengan keterlibatan orangtua serta anggota keluarga untuk mendukung keberhasilan anak di masa depan.

Festival Generasi Pancasila yang digelar hari ini, Selasa (5/7), terbagi ke dalam tiga kelas bagi peserta didik jenjang PAUD, TK, SD, SMP, dan SMA/SMK.

Baca juga : Kemendikbudristek Berikan Beasiswa Indonesia Maju Afirmasi Angkatan 1

Pertama, Kelas Generasi Dongeng dengan peserta usia dua sampai delapan tahun dengan pemateri Kak Iwan, pendongeng dan pemerhati dunia anak, dan psikolog Ayoe Sutomo.

Kedua, Kelas Generasi Kreatif dengan peserta usia 9 sampai 13 tahun yang diisi oleh Stella Nau, pendiri NTT Muda. Ketiga, Kelas Generasi Mandiri dengan peserta usia 14 sampai 18 tahun dengan pemateri Made Pandhu, pendiri akun kegelisahART.

Dalam sambutannya untuk membuka Festival Generasi Pancasila, Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbudristek) Nadiem Anwar Makarim menyampaikan, pendidikan karakter bukan hanya tugas para guru di sekolah tetapi juga orang tua di rumah.

Baca juga : Transjakarta Tambah Lima Rute Baru Di Kawasan Ramai Penumpang

Diingatkannnya, perilaku yang baik dan sesuai dengan nilai-nilai Pancasila perlu menjadi kebiasaan, dan kebiasaan itu harus mulai dibangun sejak dini, mulai dari rumah.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.