Dark/Light Mode

Curhat Ke Wamendag

Pedagang Pasar Akui Pasokan Minyak Curah Lancar Dan Harga Lebih Murah

Sabtu, 9 Juli 2022 18:46 WIB
Foto: Ist.
Foto: Ist.

RM.id  Rakyat Merdeka - Seorang pedagang di Pasar Bulu, Kota Semarang curhat pada Wakil Menteri Perdagangan (Wamendag) Jerry Sambuaga bahwa pasokan minyak goreng curah untuk saat ini sudah lancar ke lapaknya.

Hal ini terungkap dalam kunjungan Wamendag ke Semarang baru-baru ini. Menurut pedagang tersebut, harga minyak goreng sudah sesuai dengan ketentuan Pemerintah bahkan cenderung lebih murah.

Ia menunjukkan harga minyak goreng curah yang dijual seharga Rp 15.000 per kilogramnya atau jika dihitung dengan liter harganya lebih murah.

Baca juga : Good News, Putin Siap Jamin Pasokan Makanan Dan Pupuk Dari Rusia Dan Ukraina

"Sudah lancar (pasokannya). Soal harga juga sudah bagus, lima belas ribu per kilo. Kalau dihitung-hitung lebih murah karena sekilo yang ditetapkan pemerintah itu Rp 15.500. kalau per liternya kan Rp 14.000," ucap pedagang tersebut, Sabtu (9/7).

Jerry mengaku senang dengan kondisi di lapangan. Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan dan dirinya akan terus memastikan bahwa harga minyak goreng sesuai dengan ketetapan dari Pemerintah.

"Pak Zulkifli, Mendag baru, sudah ingin segera mencapai target minyak goreng curah di seluruh daerah di Indonesia sesuai dengan HET yang telah ditetapkan, yaitu Rp 14.000. Tentu kami di Kementerian Perdagangan akan dukung penuh langkah beliau agar segera terealisasi," ungkap Jerry. 

Baca juga : Perkuat Ketahanan Pangan, PKT Ajak Milenial Terus Berinovasi Di Agrobisnis

Menurut Jerry, Mendag ingin memastikan bahwa seluruh sumber daya dikerahkan untuk merealisasikan program pemerintah soal minyak goreng curah.

Bukan hanya menata mata rantai pasokan, tetapi juga memastikan komunikasi dan koordinasi yang baik dengan semua stake holder, khususnya para pengusaha dan distributor.

"Dengan berbagai cara, demi masyarakat, Mendag menekankan bahwa kita semua harus berjuang mengerahkan semua sumber daya," tegasnya.

Baca juga : Kemendagri Pastikan RUU Pemekaran Papua Berikan Ruang Afirmasi OAP

Seperti diketahui, ninyak goreng menyita perhatian publik beberapa bulan belakangan ini. Lantaran lonjakan harga di tingkat internasional yang mempengaruhi harga dan rantai pasokan di dalam negeri.

Berbagai kebijakan telah diluncurkan Pemerintah. Hasilnya, perlahan-lahan harga dan pasokan minyak goreng curah relatif lancar dan harganya sesuai dengan ketentuan pemerintah.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.