Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Pembangunannya Pakai Skema KPBU

Luhut: Tol Serang-Panimbang Kerek Ekonomi Banten

Senin, 8 Agustus 2022 14:46 WIB
Menko Maritim Dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan dan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono. (Foto: Ist)
Menko Maritim Dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan dan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono. (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Menko Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan, Tol Serang-Panimbang Seksi 3 (Cileles-Panimbang) akan meningkatkan ekonomi Banten.

Hal tersebut dikatakan luhut pada acara Ground Breaking Tol Serang-Panimbang Seksi 3 di Pandeglang Provinsi Banten, Senin (8/8) 

“Sekarang kalau kita melihat gambaran tol ini merupakan lembaran baru bagi Banten, khususnya pada sektor ekonomi bidang pariwisata, saya harap seluruh jajaran Provinsi Banten harus bisa memanfaatkan hal ini dengan baik,” kata Luhut.

Baca juga : Yang Pake Mobil Listrik Bantu Tekan Subsidi BBM

Luhut juga optimis daerah ini menjadi destinasi wisata mengingat jarak yang tidak terlalu jauh dari Jakarta. Seperti yang diketahui, pembangunan infrastruktur jalan tol Serang-Panimbang sepanjang 83,67 km menjadi salah satu Proyek Strategis Nasional (PSN) yang terbagi menjadi tiga seksi.

“Saya berharap dengan jadinya jalan tol ini, membuat daerah ini menjadi destinasi turis, dikarenakan jaraknya tidak terlalu jauh dari Jakarta, yang tadinya perjalanan darat ditempuh dalam waktu 5 jam menjadi 3 jam saja,” tambah Luhut.

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki Hadimuljono mengatakan, rencana pembangunan Tol Serang-Panimbang akan rampung sekitar kuartal I-2024. Dari total tol, sepanjang 26,5 km Serang-Rangkasbitung sudah beroperasi, untuk seksi dua Rangkasbitung-Cileles sepanjang 24,17 Km sedang dalam tahap konstruksi dengan progress lebih dari 30 persen. 

Baca juga : Sektor Digital Penyelamat Ekonomi RI Saat Pandemi

“Dan seksi tiga sepanjang 33 km menghubungkan Cileles-Panimbang,” kata Basuki.

Proyek pengerjaan tol merupakan bentuk dari Kerja sama Pemerintah dan Badan Usaha (KPBU). Dengan pembagian pengerjaan sepanjang 50km oleh badan usaha, dan sekitar 33 km dibangun oleh pemerintah.

Kunjungi Tanjung Lesung

Baca juga : Diresmikan Puan, Pasar Banyumas Kerek Ekonomi Warga Jateng

Luhut juga memaparkan bahwa pertumbuhan ekonomi pada provinsi Banten lebih baik dari pertumbuhan ekonomi nasional. Dalam kunjungan ini, Luhut juga mengunjungi pembangunan pengamanan pantai Marina Tanjung Lesung. 

“Seperti yang kita lihat, pembangunan ini sudah menunjukkan kemajuan pembangunan pada tanggul penahan ombak di Pantai Marina Tanjung, saya juga mengingatkan jangan lupa untuk tetap memperhatikan mangrove bagi Tanjung Lesung, karena lingkungan menjadi hal yang sangat penting bagi kita semua,” tutup Luhut.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.