Dark/Light Mode

Dispar Banten Ajak Pengusaha Pelatihan Ekonomi Kreatif

Rabu, 17 Juli 2019 21:00 WIB
Pantai Anyer, Banten. (Foto: Istimewa).
Pantai Anyer, Banten. (Foto: Istimewa).

 Sebelumnya 
Oleh sebab itu, kata Eneng, melalui peningkatan kompetensi SDM pelaku ekonomi kreatif dan kuliner tersebut pihaknya mendorong untuk mempopulerkan nasional food dengan mengenalkan makanan lokal ke wisatawan.

Karena ada banyak masakan khas Banten yang belum dikenal dunia seperti sate bandeng, rabeg dan pecak bandeng.

Baca juga : Berkinerja Baik, TGB Raih Penghargaan Dari Presiden

“Mudah-mudahan melalui kegiatan ini akan memberikan motivasi dan pengetahuan bagi pelaku usaha kuliner di kawasan wisata, sehingga memberikan dampak terhadap peningkatan kunjungan dan kenyamanan wisatawan di Banten,” katanya.

Kepala Bidang SDM Pariwisata Dispar Banten Linda Rohayati mengatakan, kegatan peningkatan kompetisi SDM bidang ekonomi kreatif tersebut diikuti sekitar 75 orang pelaku ekonomi kreatif dan kuliner dari kelompok masyarakat sadar wisata (pokdarwis) di sejumlah destinasi wisata di Banten.

Baca juga : Cuti Lebaran Pengaruhi Penurunan Jumlah Ekspor

Adapun materi yang diberikan diantaranya dari Badan Nasional Standarisasi Profesi (BNSP), Asosiasi Perusahaan Jasa Boga Indonesia, Pusat Kajian Produk Halal (PKPH) Universitas Mathaul Anwar serta akademisi Pariwisata dari Universitas Trisakti serta pemateri dari Dinas Pariwisata Provinsi Banten bidang pengembangan SDM Pariwisata.

“Pesertanya perwakilan dari pelaku ekonomi kreatif dan usaha kuliner yang tergabung dalam Pokdarwis di sejumlah destinasi, seperti dari Pantai Sawarna, Tanara, Anyer, Carita dan juga Banten Lama,” kata Linda.

Baca juga : Harapan Para Dekan Kehutanan, Tunda Pengesahan RUU Pertanahan

Salah seorang peserta pelatihan yang merupakan pelaku usaha kuliner asal Kota Serang, Ernawati mengaku senang mendapatkan pengetahuan dan ilmu yang bermanfaat dari pelatihan dan peningkatan kompetensi tersebut, sehingga nantinya bisa diterapkan dalam usaha cateringnya. [RUS/BNN]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.