Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Program Pencegahan Terorisme BNPT Didukung Komisi III DPR

Kamis, 25 Agustus 2022 18:00 WIB
Kepala BNPT Komjen Boy Rafli Amar, saat mengikuti Rapat Dengar Pendapat (RDP) bersama Komisi III, di Gedung DPR, Senayan, Kamis (25/8). (Foto: Humas BNPT)
Kepala BNPT Komjen Boy Rafli Amar, saat mengikuti Rapat Dengar Pendapat (RDP) bersama Komisi III, di Gedung DPR, Senayan, Kamis (25/8). (Foto: Humas BNPT)

RM.id  Rakyat Merdeka - Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) Boy Rafli Amar mengatakan, BNPT akan terus berkomitmen dalam mencegah dan melindungi bangsa dari ancaman radikalisme terorisme.

Upaya pencegahan tersebut dilakukan dengan melakukan transformasi semangat kebangsaan, revitalisasi nilai Pancasila, moderasi beragama, penguatan nilai adat dan budaya, serta penanggulangan terorisme berbasis pembangunan kesejahteraan.

"Lima upaya transformasi ini adalah penguatan dalam mempersempit ruang gerak radikalisme dan terorisme yang anti konstitusi, NKRI, bersifat transnasional, intoleran radikal, menyalahgunakan narasi agama, anti terhadap kemanusiaan dan menghalalkan kekerasan," ujar Boy Rafli, dalam Rapat Dengar Pendapat (RDP) bersama Komisi III, di Gedung DPR, Senayan, Kamis (25/8).

Baca juga : Romo Benny Raih Doktor Bidang Komunikasi, Bamsoet Beri Pujian

Melalui upaya pencegahan terorisme yang dilaksanakan secara efektif dan akuntabel, BNPT mendapatkan dukungan dari Komisi III DPR RI.

Anggota Komisi III dari Fraksi PKB, Heru Widodo menyampaikan, keberhasilan program pencegahan dapat dilihat dari minimnya aksi teror yang terjadi. "Selama ini tidak terjadi aksi terorisme secara nyata, mungkin karena memang keberhasilan program pencegahan," kata Heru.

Sementara itu, Ichsan Soelistio dari Fraksi PDIP memberikan apresiasi terhadap opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) atas laporan keuangan BNPT di tahun 2021.

Baca juga : BI Luncurkan Pecahan Rupiah Baru Tahun Emisi 2022

Hal ini menandakan pengelolaan anggaran BNPT dalam mencegah radikalisme dan terorisme digunakan dengan cukup efektif. "Kita memberi apresiasi bahwa penyerapan (anggaran) Bapak sangat baik dan akurat," tutur Ichsan.

Meski begitu, Komisi III DPR menilai, BNPT masih tetap perlu memperkuat program-program pencegahan dan lebih fokus kedepannya.

Komisi hukum DPR  ini juga berkomitmen untuk terus mendukung lembaga yang bertanggung jawab langsung kepada Presiden ini. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.