Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Perkuat Kerja Sama Penanggulangan Terorisme

BNPT Dan Australia Lakukan Konsultasi Bilateral Lanjutan

Rabu, 3 Agustus 2022 18:37 WIB
Foto: Humas BNPT.
Foto: Humas BNPT.

RM.id  Rakyat Merdeka - Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) sebagai leading sector penanggulangan terorisme memiliki hubungan kerja sama yang baik dengan Australia.

Kerja sama yang baik tersebut tergambar dengan diadakannya kunjungan konsultasi bilateral lanjutan dan berbagi best practices penanggulangan terorisme antara BNPT dan Pemerintah Australia di Jakarta pada Rabu (3/8).

"Saya percaya bahwa kehadiran Duta Besar Penanggulangan Terorisme Australia hari ini menunjukkan hubungan bilateral yang bermakna dan kuat antara kedua negara, khususnya, dalam melawan terorisme sebagai ancaman bersama," kata Kepala BNPT Komjen Boy Rafli Amar.

Baca juga : BNPT Selenggarakan Deklarasi Kesiapsiagaan Nasional

Boy Rafli menceritakan, ketika berkunjung ke Sydney, BNPT dan Australia pada konsultasi bilateral sebelumnya telah membicarakan rencana kerja sama Australia yang akan memberikan pandangan tentang isu terorisme di Suriah dan Irak.

"Saat di Sydney kami membahas pembangunan kapasitas aparatur, pertukaran informasi, dan Joint Working Group. Pada konsultasi terakhir juga disimpulkan bahwa Australia setuju untuk memberikan pengarahan kepada Indonesia tentang pandangannya tentang Suriah dan Irak," lanjut dia.

Pada kesempatan yang sama, BNPT dan Pemerintah Australia juga telah membahas program deradikalisasi dan pelibatan masyarakat.

Baca juga : Dubes Australia Untuk Penanggulangan Terorisme Kunjungi Indonesia

"Indonesia pun akan memberikan informasi penting kepada Australia tentang program deradikalisasi dan pelibatan masyarakat. Kolaborasi ini sudah berjalan lama bahkan sejak peristiwa Bom Bali kita intens saling melakukan penguatan hingga akhirnya kita sepakat bahwa terorisme adalah musuh bersama," ujarnya.

Sementara itu, Duta Besar Penanggulangan Terorisme Australia Roger Noble menjelaskan, best practices Indonesia dalam penanggulangan terorisme hampir sama dengan Australia.

Dia juga menyatakan, informasi yang dibagikan BNPT sangat bermanfaat untuk keberlanjutan penanggulangan terorisme di Australia.

Baca juga : Bahlil Percepat Pengembangan Investasi Hijau Berkelanjutan

"Kami sudah menjalin kolaborasi cukup lama. Indonesia adalah negara yang sangat luas dan begitu beragam, langkah-langkah penanggulangan terorisme di Indonesia hampir sama dengan Australia. Cara Indonesia mengintegrasikan langkah-langkah penanggulangan, sampai program bagi mantan narapidana teroris sangat bermanfaat bagi kami," kata Noble.

Selama ini Australia merupakan salah satu mitra utama Indonesia tidak hanya di tingkat bilateral tetapi juga di tingkat regional dan internasional.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.