Dark/Light Mode

Bandara Morowali

Gerbang Udara Baru Di Sulawesi Tengah

Jumat, 21 Desember 2018 22:24 WIB
BandaraUdara Morowali di Sulawesi Tengah yang siap diresmikan Bapak Presiden Joko Widodo pada akhir pekan ini. (Foto: Istimewa)
BandaraUdara Morowali di Sulawesi Tengah yang siap diresmikan Bapak Presiden Joko Widodo pada akhir pekan ini. (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Jelang penghujung tahun 2018, masyarakat Sulawesi, khususnya di Kabupaten Morowali, Sulawesi Tengah akan segera dapat menikmati bandara baru. Bandara itu bernama Bandara Udara Morowali, siap untuk diresmikan Bapak Presiden Joko Widodo pada akhir pekan ini.

Bandara ini mulai dibangun pada tahun 2007 dengan dana APBD oleh inisiatif Pemerintah Daerah Kabupaten Morowali. Setelah sempat terhenti, pada tahun 2010 kembali dilakukan pembangunan fisik bandara, baik sisi udara seperti landasan pacu, taxiway dan apron serta sisi darat seperti terminal penumpang dan gedung perkantoran.

Baca juga : Hasto: Gerindra Cuma Cari-cari Alasan Kalah

Bandara Morowali dibangun di atas lahan seluas 158 hektar. Bandara ini mempunyai panjang landasan pacu berukuran 1500 m x 30 m, apron 80 m x 70 m dan  taxiway 192 m x 18 m. Bandara juga memiliki  gedung terminal seluas 1000m2 dengan kapasitas pelayanan untuk 100 orang.

Di dalam gedung terminal terdapat fasilitas dua gerbang X-Ray, dua unit conveyor belt untuk bagasi penumpang keberangkatan dan kedatangan serta dua unit counter check-in. selain itu, bandara juga dilengkapi beberapa gedung penunjang lainnya seperti gedung perkantoran dan gedung fasilitas Pertolongan Kecelakaan Penerbangan dan Pemadam Kebakaran (PKP-PK).

Baca juga : Banyak Saran Jokowi Datang Ke Reuni 212

Dirjen Perhubungan Udara, Polana B. Pramesti mengungkapkan, keberadaan bandara ini sangat diperlukan untuk menunjang konektivitas masyarakat Morowali menuju kota-kota lain yang jaraknya cukup jauh.

“Bandara ini dioperasionalkan untuk  membuka konektivitas dari Kabupaten Morowali menuju kota-kota yang lebih besar di sekitarnya seperti Palu, Poso, Kendari dan Makassar. Fasilitasnya sudah berfungsi dengan baik dan sumber daya manusianya juga sudah siap untuk mendukung pengoperasiannya baik dari sisi keselamatan, keamanan maupun kenyamanan penerbangan,” ujar Polana.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.