Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Perpusnas Gelar Workshop Konten Kreatif Berbasis Konten Lokal 2022

Senin, 12 September 2022 15:02 WIB
Layanan Perpustakaan (Foto: Dok. Perpusnas)
Layanan Perpustakaan (Foto: Dok. Perpusnas)

RM.id  Rakyat Merdeka - Literasi adalah hal yang sangat esensial bagi kemajuan bangsa dan kemajuan individu. Kemampuan literasi yang baik dapat mengantarkan sebuah negara menjadi berperadaban.

Budaya literasi semakin strategis dalam menjawab permasalahan bangsa. Masyarakat literat sangat berkorelasi dengan kualitas manusia, sehingga dipandang perlu mewujudkan ekosistem kolektif masyarakat berpengetahuan.

Baca juga : Amerika-Indonesia Gelar Latihan Tanggap Krisis Dalam GB22

Di sisi lain, disrupsi teknologi informasi tidak dapat dihindari. Semakin cepatnya pertumbuhan dan perkembangan teknologi, khususnya internet, merupakan tantangan sekaligus peluang bagi perpustakaan, khususnya Perpustakaan Nasional (Perpusnas), dalam meningkatkan layanan guna menumbuhkan budaya literasi.

“Tantangannya, bagaimana perpustakaan tetap eksis mengambil peran dalam meningkatkan literasi masyarakat di era digital saat ini. Platform digital menjadi ruang tak terbatas bagi masyarakat untuk berperan dalam pembudayaan kegemaran membaca dan literasi,” ujar Kepala Pusat Analisis Perpustakaan dan Pengembangan Budaya Baca Perpusnas, Adin Bondan, Senin, (12/9).

Baca juga : Perhimpunan INTI Konsisten Berikan Beasiswa CGS Kepada Kejaksaan RI

Kreativitas generasi muda dalam melahirkan berbagai konten kreatif di platform digital menjadi harapan baru untuk membudayakan kegemaran membaca dan literasi, khususnya melalui berbagai karya berbasis konten lokal. Salah satu platform yang perlu dimanfaatkan secara maksimal adalah YouTube. YouTube adalah salah satu situs yang paling banyak dikunjungi di dunia, termasuk di Indonesia. Saat ini banyak muncul orang-orang yang mengunggah kegiatannya ke YouTube, Instagram, TikTok, dan sebagainya.

“Kegiatan berupa aktivitas sehari-hari, talkshow/diskusi, tutorial, hingga review produk tertentu, semua dibuat menjadi konten menarik untuk ditonton, dan kita menyebutnya sebagai konten kreatif,” tambah Adin.

Baca juga : IKAL Lemhannas Gelar Turnamen Golf Agum Gumelar Cup 2022

Workshop Konten Kreatif Nusantara Berbasis Konten Lokal 2022 merupakan program Perpusnas untuk menemukan dan melahirkan para pembuat konten kreatif yang mampu mengangkat ilmu-ilmu terapan berbasis konten lokal. Sehingga pembudayaan kegemaran membaca dan literasi dari berbagai konten lokal dapat terus relevan di berbagai medium ruang digital.

Ada sejumlah tahapan kegiatan yang bisa diikuti para peserta melalui tautan https://pappbb.perpusnas.go.id/kontenkreatifnusantara. Nantinya, bagi peserta yang terpilih akan diberikan workshop dari para content creator. Perpusnas menyediakan hadiah terbaik bagi lima konten yang terpilih.■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.