Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Bappenas: Registrasi Sosial Ekonomi Dongkrak Ketepatan Sasaran Program Pemerintah

Rabu, 14 September 2022 17:52 WIB
Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN)/Kepala Bappenas Suharso Monoarfa. (Foto: Instagram)
Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN)/Kepala Bappenas Suharso Monoarfa. (Foto: Instagram)

RM.id  Rakyat Merdeka - Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN)/Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) Suharso Monoarfa menegaskan pentingnya registrasi sosial ekonomi (Regsosek) dalam meningkatkan ketepatan sasaran program-program pemerintah.

Regsosek merupakan pendataan seluruh penduduk Indonesia mencakup profil serta kondisi sosial ekonomi yang sangat beragam, mulai dari kondisi demografi, perumahan, keadaan disabilitas, kepemilikan aset, hingga informasi geospasial. Pendataan awal akan dilakukan oleh Badan Pusat Statistik (BPS) mulai Oktober hingga November 2022.

Baca juga : Melani Suharli Dorong UMKM Go Digital Pasarkan Produknya

Suharso mengatakan, ada dua pilar utama perlindungan sosial. Pertama adalah pemutakhiran data, di mana data tersebut betul-betul memiliki akurasi yang tinggi, lengkap, serta mencakup seluruh penduduk.

"Regsosek berusaha mewujudkan pilar tersebut. Dengan data yang memadai, program pemerintah akan menjadi tepat sasaran dan berdaya ungkit yang maksimal, serta tidak terjadi BLT yang kurang dan seterusnya,” ujar Suharso dalam acara webinar nasional “Mengawa Reformasi Sistem Perlindungan Sosial melalui Registrasi Sosial Ekonomi”, Rabu (14/9).

Baca juga : Airlangga Apresiasi Antusias Masyarakat Jatim Manfaatkan Program Kartu Prakerja

Pilar kedua adalah terintegrasinya berbagai program yang saat ini masih dilaksanakan secara fragmentasi. Dengan terwujudnya Regsosek, diharapkan pengintegrasian berbagai program tersebut dapat diwujudkan.

“Regsosek dilakukan untuk seluruh penduduk Indonesia tanpa kecuali, termasuk presiden dan seluruh pejabat negara," ujar Suharso.

Baca juga : Sayang Nelayan, Erick Dan Teten Luncurkan Program Solar Bersubsidi

Menurutnya, melalui informasi penduduk yang komprehensif dan universal, Regsosek akan mampu menyajikan peringkat kesejahteraan penduduk dan meningkatkan ketepatan sasaran-sasaran program pemerintah. Tidak sata bantuan sosial, tetapi juga peningkatan daya saing UMKM.

"Dengan dikembagkannya data yang komprenesif dan mutakhir, serta dipergunakannya data ini oleh seluruh sektor, lembaga, pemda, dan desa, diharapkan Regsosek akan mempercepat terbentuknya satu data Indonesia," pungkas Suharso. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.