Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Kemenkominfo Gelar Kelas Kebal Hoaks Buat Warga Bali

Rabu, 21 September 2022 16:33 WIB
Foto: Ist.
Foto: Ist.

RM.id  Rakyat Merdeka - Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) menggandeng Masyarakat Anti Fitnah Indonesia (Mafindo) menggelar kegiatan ‘Kelas Kebal Hoaks’, di Hotel Harris Kuta Galleria, Denpasar, Bali.

Kegiatan ini untuk mendidik masyarakat agar terhindar dari informasi menyesatkan yang beredar di internet.

Kelas Kebal Hoaks merupakan bagian rangkaian kegiatan dalam program Indonesia Makin Cakap Digital yang diinisiasi oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika RI(Kemenkominfo) bersama Gerakan Nasional Literasi Digital (GNLD) Siberkreasi.

Baca juga : Menpora: Minat Generasi Milenial Sekarang Berolahraga

Gerakan ini menargetkan sebanyak 50 juta orang masyarakat Indonesia mendapatkan literasi di bidang digital hingga tahun 2024.

“Mengingat penggunaan teknologi digital merupakan suatu keniscayaan, tanpa perhatian serius dari semua pihak dikhawatirkan resiko-resiko negatif tersebut semakin membesar,” kata Kepala Bidang Informasi dan Komunikasi Publik dari Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik Provinsi Bali, I Ketut Swika, seperti keterangan yang diterima RM.id, Rabu (21/9).

Masyarakat perlu diajak untuk dapat memanfaatkan teknologi digital dengan cerdas, bijak, produktif dan tepat guna. Salah satunya dengan membangun konten-konten yang positif di media sosial.

Baca juga : Kemenkominfo Dan Kemendagri Gelar Literasi Digital Bagi ASN Pemprov Sulsel

"Usaha mencerdaskan masyarakat dalam memanfaatkan teknologi melalui literasi digital adalah tanggung jawab bersama dan tidak bisa dilaksanakan oleh pemerintah saja," sambungnya.

Kelas tersebut diikuti oleh 50 peserta dari kalangan masyarakat umum seperti Universitas Negeri Pendidikan Ganesha, PSM Desa Mengwi, Sahabat Netra Bali, KITAPIXEL Digital, dan Buleleng Sosial Community, Social Project Bali.

Lalu, 8EST Community, Sanggar Film Luar Kotak, Yayasan Taruna Taruni Bali, OKOC Bali, Garda Transfumi Bali, Taboo Denpasar dan Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik (Kominfos) Kota Denpasar, dll.

Baca juga : Kembangin Ekonomi Dan Keuangan Syariah, BI Sabet Penghargaan Internasional

Kelas Kebal Hoaks bertujuan untuk membangun daya berpikir kritis masyarakat terhadap informasi-informasi yang tersebar di dunia maya, terhindar terhindar dari berita hoaks, dan mengedukasi masyarakat untuk memanfaatkan alat atau metode untuk memeriksa fakta sebuah informasi. 
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.