Dark/Light Mode

Kemenkominfo Gelar Kelas Kebal Hoaks Buat Warga Bali

Rabu, 21 September 2022 16:33 WIB
Foto: Ist.
Foto: Ist.

 Sebelumnya 
Koordinator MAFINDO Wilayah Bali, Indria Trisni Puspita membawakan materi mengenai hoaks secara mendasar yakni definisi, dampak negatif, hingga cara untuk verifikasi foto, video, dan lokasi.

Dijelaskan, masyarakat dapat mengakses beberapa situs untuk mengetahui fakta informasi yang tersebar di internet.

Baca juga : Menpora: Minat Generasi Milenial Sekarang Berolahraga

"Pencarian artikel dan keasliannya dapat dilakukan di beberapa situs seperti turnbackhoax.id, cekfakta.com, atau kanal cek fakta milik media seperti cekfakta.tempo.co, cekfakta.kompas.com dan media-media lainnya," kata Indria.

Di sesi terakhir, Riza Dwi Maqruf, Pemeriksa Fakta Mafindo, menjelaskan tentang pemanfaatan Google Lens untuk melakukan verifikasi informasi-informasi dari media sosial.

Baca juga : Kemenkominfo Dan Kemendagri Gelar Literasi Digital Bagi ASN Pemprov Sulsel

"Selain menggunakan keywords terkait foto yang ingin dicari, kita bisa juga menggunakan Google Lens dengan cara buka aplikasinya kemudian arahkan kamera ke foto yang ingin dicari klasifikasinya," jelas Riza. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.