Dark/Light Mode

Tjahjo: Mega-Prabowo Ketemu, Tensi Politik Turun

Kamis, 25 Juli 2019 09:36 WIB
Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo (Foto: Humas Kemendagri)
Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo (Foto: Humas Kemendagri)

RM.id  Rakyat Merdeka - Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo sangat mengapresiasi pertemuan dua tokoh besar, Megawati Soekarnoputri dan Prabowo Subianto di kediaman Megawati, Jalan Teuku Umar, Menteng, Jakarta Pusat, Rabu (24/7).

Tjahjo menilai, pertemuan tersebut tidak hanya menurunkan tensi politik pasca Pilpres 2019, tetapi juga menjadi bukti bahwa persahabatan Mega dan Prabowo tak luntur hanya karena beda sikap politik.

Baca juga : Siang Ini, Mega-Prabowo Bertemu Empat Mata

Hal itu diungkapkan Tjahjo saat menghadiri puncak peringatan Hari Kesatuan Gerak PKK ke-47 Tahun 2019 Tingkat Nasional di Padang, Sumatera Barat, Rabu (24/7).

"Pertemuan hari ini setidaknya menyejukkan untuk dunia politik, untuk Indonesia dan untuk kita semuanya. Ini membuktikan bahwa persahabatan itu tetap akan terwujud, walaupun pernah beda pendapat karena pilihan politik," kata Tjahjo.

Baca juga : Ketemu Prabowo, Amien Plong

"Pertemuan itu menunjukkan bahwa antara Ibu Mega dan Pak Prabowo adalah dua sahabat yang pernah bersama-sama , dan sampai sekarang juga masih bersama. Yang saya tahu, Pak Prabowo sangat menghormati dan menghargai Ibu Megawati. Jadi, pertemuan tersebut sangat menyejukkan," imbuhnya.

Tjahjo menegaskan, pertemuan itu mampu menurunkan tensi politik yang tinggi di masa Pilpres 2019.

Baca juga : Erick: Pertemuan Jokowi-Prabowo Sebuah Langkah Maju Perbedaan Politik

"Ya, ini kan tensi politik langsung menurun. Setidaknya, dalam pertemuan antara Pak Prabowo dan Pak Jokowi beberapa waktu lalu dan pertemuan dengan Ibu Mega. Sebagai sahabat, ya tetap bersahabat, untuk membangun komitmen kebangsaan serta membangun persatuan dan kesatuan" tutur Tjahjo.

Sebelum bertemu Megawati dalam diplomasi makan siang, Rabu (24/7), Prabowo telah lebih dulu bertemu Presiden Jokowi di Stasiun MRT Lebak Bulus, Jakarta Selatan, Sabtu (13/7). Pertemuan tersebut dilanjutkan dengan naik MRT bareng hingga Stasiun Istora Senayan, kemudian makan siang bersama di Resto Sate Khas Senayan, FX Mall, Jakarta. [HES]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.