Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Jaksa Agung Resmikan STIH Adhyaksa, Pesan Penegakan Hukum Dengan Nurani

Senin, 3 Oktober 2022 14:46 WIB
Peresmian Sekolah Tinggi Ilmu Hukum Adhyaksa (Foto: Istimewa)
Peresmian Sekolah Tinggi Ilmu Hukum Adhyaksa (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Jaksa Agung ST Burhanuddin meresmikan Sekolah Tinggi Ilmu Hukum (STIH) Adhyaksa, di Jakarta, Senin (3/10). STIH Adhyaksa didirikan Yayasan Karya Bhakti Adhyaksa dan sudah terakreditasi baik oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT).

"Hari ini, 3 Oktober 2022, kita telah meresmikan Sekolah Tinggi Ilmu Hukum Adhyaksa. Diharapkan ini jadi tonggak perubahan yang ada di Indonesia," ucap Burhanuddin, usai meresmikan sekolah tersebut.

Dia menjelaskan, STIH Adhyaksa nantinya akan mendidik siswa-siswa yang 50 persen praktisi dan 50 persen akademisi. "Artinya, ini sesuai dengan yang diharapkan Pak Nadiem Makarim (Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi)," imbuhnya.

Baca juga : Lestari: Bangun Karakter Anak Bangsa, Perkuat Penanaman Nilai Pancasila

Tujuan didirikannya sekolah tersebut, lanjut Burhanuddin, adalah untuk turut serta mencetak sumber daya manusia Indonesia yang tangguh, unggul, dan inovatif, khususnya di bidang hukum. Hal ini sejalan dengan cita-cita yayasan dalam membangun peradaban kehidupan bangsa yang cerdas melalui ilmu hukum dengan wawasan Setya Adhi Wicaksana.

Para pendiri sekolah ini adalah Jaksa Agung ST Burhanuddin sebagai Ketua Dewan Pembina Yayasan Karya Bhakti Adhyaksa, Kepala Kejaksaan Tinggi DKI Jakarta Reda Manthovan sebagai Ketua Pengurus Yayasan Karya Bhakti Adhyaksa dan Dosen Kehormatan STIH Adhyaksa serta Maya Miranda Ambarsari selaku Pendiri dan Pembina Yayasan Karya Bhakti Adhyaksa.

Burhanuddin mengatakan, STIH Adhyaksa didirikan sebagai bentuk dedikasi keluarga besar Yayasan Adhyaksa yang ingin ikut serta meningkatkan mutu pendidikan dan membangun perabadan di Indonesia melalui ilmu hukum. "STIH Adhyaksa didesain untuk menciptakan lulusan yang mempunyai kemampuan sebagai praktisi hukum dengan dilandasi hati nurani, kebenaran dan keadilan," ujar Burhanudin.

Baca juga : Hari Ini, NWGBR Rilis Panduan Penggunaan Referensi Suku Bunga Rupiah IndONIA

Dia berharap, pada 2031, STIH Adhyaksa akan menjadi pendidikan tinggi yang menghasilkan lulusan yang menjadi pembawa kemajuan dalam menegakkan keadilan dan hukum di Indonesia, serta menjadi pemimpin di segala sektor kehidupan berbangsa dan bernegara. STIH juga berupaya menciptakan dan mempersiapkan mahasiswa untuk menjadi prakstisi hukum yang andal dibekali sarana dan prasarana yang lengkap. Selain itu juga didukung kemampuan dan penguasaaan digital dan ilmu entrepreneurship.

Burhanuddin mengingatkan, agar dalam perkuliahan nanti, para mahasiswa STIH Adhyaksa selalu dibekali dan ditanamkan tentang pentingnya menggunakan hati nurani dalam penegakan hukum. Sebab, ketika tujuan hukum berupa keadilan, kemanfaatan, dan kepastian hukum saling menegasikan, hati nurani yang akan menjadi jembatan untuk mencapai titik bandul keseimbangan di antara ketiganya.

"Saya memandang hati nurani sebagai suatu badan keadilan yang keputusannya tidak dapat dibanding. Hati nurani adalah suara abadi kebenaran dan keadilan, yang tidak dapat dibungkam apa pun. Pesan saya untuk anak-anakku para mahasiswa baru STIH Adhyaksa, kunci bagaimana agar kita bisa berhukum secara adil dengan sandaran hati nurani, yaitu dengan mulai mempelajari hukum dengan tidak hanya menggunakan akal pikiran melainkan juga harus menggunakan pendekatan perasaan batin yang ada di dalam lubuk hati kita,” tandasnya.■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.