Dark/Light Mode

Peran Pemda Sangat Penting untuk Jaga Stabilitas Ekonomi

JK Ibaratkan Inflasi Tekanan Darah: Tinggi Buruk, Terlalu Rendah Juga Jelek

Kamis, 25 Juli 2019 14:18 WIB
Wapres Jusuf Kalla (Foto: Istimewa)
Wapres Jusuf Kalla (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Wapres Jusuf Kalla menyebut Pemerintah Daerah (Pemda) berpesan dalam menjaga stabilitas perekonomian. Hal itu diungkapkannya saat membuka Rapat Koordinasi Nasional Pengendalian Inflasi 2019, di Ballroom Grand Sahid Jaya Hotel, Jakarta, Kamis (25/7).

"Pemerintah Daerah berperan dalam menjaga stabilitas perekonomian. Menjaga keseimbangan harga di tingkat nasional juga berawal dari tingkat daerah," ucap JK, sapaan akrab Jusuf Kalla, seperti dikutip kemendagri.go.id.

Baca juga : Jamuan Buah Tropis Jokowi ke Putra Mahkota Abu Dhabi Buka Pintu Ekspor

Menurutnya, mengukur kemajuan suatu bangsa dapat dilihat dari beberapa indikator penting yang juga dipengaruhi pengendalian di tingkat daerah.

"Mengakui kemajuan suatu bangsa itu ada beberapa indikator penting yaitu PDB (Produk Domestik Bruto), inflasi yang  akan menyebabkan daya beli naik atau turun dan efek lainnya, kemudian angka kemiskinan, serta tingkat pengangguran. Kalau  terjadi masalah inflasi dan pengangguran tentu akan menyebabkan kemiskinan. Semua ini akan mendukung stabilitas di tingkat nasional dengan syarat di tingkat daerah juga harus terjaga," ungkapnya.

Baca juga : Tjahjo: Mega-Prabowo Ketemu, Tensi Politik Turun

Ia pun menganalogikan inflasi seperti tekanan darah manusia. Akan berakibat buruk apabila tinggi dan terlampau rendah. Untuk itu, stabilitasnya harus tetap terjaga.

"Inflasi seperti tekanan darah, kalau tinggi kita bisa pingsan, ekonomi akan ambruk seperti Venezuela, ekonominya sulit. Tapi kalau inflasi rendah atau deflasi, kita juga pusing dan bisa pingsan juga. Jadi tekanan darah itu yang bagus yang ditengah-tengah saja, stabil. Tinggal bagaimana kita menjaga inflasi terjaga tingkat stabilitasnya," paparnya.

Baca juga : Cegah Naik Haji Pakai APBD, Kemendagri Tolak Izin Tujuh Kepala Daerah

Rapat Koordinasi Nasional Pengendalian Inflasi 2019 mengusung tema "Sinergi dan Inovasi Pengendalian Inflasi Untuk Penguatan Ekonomi yang Inklusif." Penyelenggara Rakor ini merupakan bagian dari upaya penguatan komunikasi penentu kebijakan di tingkat Pusat dan Daerah untuk mencari solusi bersama pengendalian inflasi untuk penguatan ekonomi. [USU]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.