Dark/Light Mode

Moeldoko: PLTA Kayan Cascade Proyek Monumental Transformasi Energi

Kamis, 6 Oktober 2022 14:40 WIB
Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko menyampaikan pidato pembukaan dalam peluncuran kerja sama antara PT KHE dengan Sumitomo Corporation, di Jakarta, Kamis (6/10). (Foto: Dok. KSP)
Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko menyampaikan pidato pembukaan dalam peluncuran kerja sama antara PT KHE dengan Sumitomo Corporation, di Jakarta, Kamis (6/10). (Foto: Dok. KSP)

RM.id  Rakyat Merdeka - Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko mengapresiasi keberlanjutan proyek pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) Kayan Cascade, di Kalimantan Utara. Pembangunan PLTA ini, kata Moeldoko, merupakan komitmen bangsa Indonesia terhadap green energy.

“Presiden beberapa kali menyebut proyek Kayan Cascade di Kalimantan Utara ini sebagai proyek monumental bagi Indonesia untuk menunjukkan pada dunia bahwa kita punya semangat yang kuat dalam transformasi energi,” kata Moeldoko, dalam peluncuran kerja sama antara PT Kayan Hydro Energy (KHE) dengan Sumitomo Corporation, di Jakarta, Kamis (6/10).

Baca juga : Moeldoko Pastikan Ketersediaan Bawang Merah Di Bima Aman

Proyek yang sudah berjalan sejak 2011 dan diinisiasi PT KHE ini akan terus dilanjutkan pengerjaannya dengan menggandeng perusahaan energi dan listrik asal Jepang, Sumitomo Corporation. Dalam acara peluncuran kerja sama PT KHE dengan Sumitomo Corporation, Moeldoko juga menyebut bahwa proyek ini menjadi sangat strategis karena terletak di kawasan perbatasan, sehingga diharapkan mampu mendongkrak perekonomian masyarakat di kawasan terluar Indonesia.

“Proyek ini menjadi Proyek Strategis Nasional (PSN) dan bagian dari tugas Kantor Staf Presiden (KSP) adalah mengawal PSN tersebut. Bentuk kerja sama ini tidak sekadar tanda tangan, tapi setelah ini harus segera bekerja,” imbuhnya.

Baca juga : HUT Ke-24, Bank Mandiri Konsisten Transformasi Bisnis Secara Digital

Moeldoko menambahkan, proyek ini membutuhkan waktu penyelesaian yang cukup lama, karena semua pihak, baik swasta maupun Pemerintah, harus memastikan pembangunan PLTA sesuai dengan upaya konservasi lingkungan dan tidak merusak kawasan hutan. PLTA Kayan Cascade ini akan memanfaatkan area sepanjang Sungai Kayan, di Kecamatan Peso, Kabupaten Bulungan.

Terdiri atas 5 bendungan dengan 5-6 unit turbin pembangkit pada tiap bendungannya, PLTA ini akan menghasilkan listrik bersih dengan total 9.000 Megawatt. Listrik yang dihasilkan proyek PLTA ini akan menyuplai kawasan industri hijau di Kalimantan Utara dan Ibu Kota Nusantara (IKN) di Kalimantan Timur, seperti yang disampaikan Presiden Jokowi pada Juni lalu. Namun, pada umumnya, PLTA ini juga akan memasok kebutuhan listrik di Pulau Kalimantan.

Baca juga : Sambut HUT Ke-24, Bank Mandiri Percepat Transformasi Digital

Selain itu, dalam rangka mendukung program percepatan transisi energi dan peningkatan energi terbarukan di dalam bauran energi nasional, KHE dan Sumitomo Corp. akan menjajaki inisiatif kerja sama dengan PLN terkait percepatan pengurangan emisi karbon sesuai komitmen Pemerintah Indonesia di dalam Paris Agreement dan COP26.■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.