Dark/Light Mode

Koperasi Nelayan Diberdayakan

Erick: BBM Subsidi Tepat Sasaran, Pasar Perikanan Jadi Lebih Luas

Selasa, 11 Oktober 2022 07:55 WIB
Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir memberi salam saat mengunjungi Koperasi Enam Empat Bahari di Pantai Nambangan, Bulak, Surabaya, Jawa Timur, Senin (10/10/2022). (Foto: Istimewa)
Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir memberi salam saat mengunjungi Koperasi Enam Empat Bahari di Pantai Nambangan, Bulak, Surabaya, Jawa Timur, Senin (10/10/2022). (Foto: Istimewa)

 Sebelumnya 
Selain memastikan keterse­diaan BBM, program Solusi Nelayan juga ditujukan untuk membenahi bisnis model peri­kanan di Indonesia.

Karena BBMlancar, kepas­tian pasar menjadi lebih luas bagi nelayan. Sehingga, risiko usaha pun semakin kecil, karena adanya kepastian produksi.

Sekadar informasi, sebelum adanya program Solusi, nelayan kecil kerap mengeluh sulitnya mendapatkan BBM subsidi.

Baca juga : Erick Thohir: BBM Subsidi Tepat Sasaran, Pasar Perikanan Jadi Lebih Luas

Apalagi, mereka harus mem­beli Solar eceran seharga Rp 10 ribu/liter. Padahal, harga resmi dari Pertamina hanya Rp 6.800/liter.

Nelayan juga kerap dihadap­kan dengan hasil tangkapan sedikit yang membuat akses pasar terbatas. Bahkan, mereka juga sulit mendapatkan per­modalan, karena tidak adanya kepastian keberlanjutan produksi dan penyerapan.

Oleh karena itu, Kementerian BUMN memberikan dukungan konkret melalui program Solar untuk Koperasi Nelayan.

Baca juga : Puan Bacakan Ikrar Di Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila

Selaras dengan amanah Presiden Jokowi, agar Pemerintah hadir memberi solusi di tengah kebutuhan masyarakat.

Selain itu, koperasi juga men­jadi offtaker yang akan melaku­kan grading dan pengenda­lian mutu, serta agregasi untuk masuk dalam skala ekonomi. Sehingga, keberlanjutan pasokan pun lebih terjamin.

Namun, para nelayan harus bersiap meningkatkan kualitas hasil tangkapan. Agar sesuai standar dan bisa diserap pasar di luar negeri.

Baca juga : Airlangga Dianggap Sukses Bawa Partai Golkar Populer Di Kalangan Pemilih Muda

“Kami sedang mengumpul­kan, baik BUMN, swasta atau koperasi untuk menjadi pem­beli. Jadi, nelayan nggak perlu pusing jual ke mana,” tutup Erick. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.