Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Gelar Diskusi Nasional Penyesuaian Harga BBM Subsidi

BEM Nusantara Sebut Bansos Solusi Pemerintah Pertahankan Daya Beli Masyarakat

Kamis, 15 September 2022 10:46 WIB
Sekretaris Pusat Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Nusantara Reja Anggara. (Foto: Istimewa)
Sekretaris Pusat Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Nusantara Reja Anggara. (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Sekretaris Pusat Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Nusantara Reja Anggara menyebut bantuan sosial (bansos) adalah solusi yang diberikan Pemerintah untuk meredam dampak penyesuaian harga BBM bersubsidi. 

"Ini adalah solusi dari Pemerintah," kata Reja dalam diskusi 'Membongkar Persoalan di Balik Kenaikan Harga BBM' di Institut Sains dan Teknologi (IST) AKPRIND, Gondokusuman, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), Rabu (14/9). 

Lebih lanjut, Reja menyebut Pemerintah tahu bagaimana mengatasi dampak penyesuaian harga BBM. Di sisi lain, Reja mengatakan Pemerintah juga punya tugas untuk mengatasi sejumlah paradigma di masyarakat. 

Baca juga : BEM Nusantara : Pemberian Bansos Solusi Pemerintah, Kami Kawal Agar Tepat Sasaran

"Pemerintah yang lebih tahu bagaimana mengatasi permasalahan ini. Namun demikian Pemerintah juga antisipasi terkait fenomena yang terjadi di masyarakat dan paradigma bahwa Indonesia mengalami inflasi tinggi," tuturnya. 

"Maka Pemerintah harus mengantisipasi hal yang demikian karena negara hari ini menghadapi situasi yang sangat sulit, apalagi masyarakat dalam pemulihan ekonomi nasional," sambung Reja. 

Mahasiswa, kata Reja, dalam hal ini punya peran penting agar program pemerintah tersebut bisa tepat sasaran. Di samping itu, Reja meminta Pemerintah mengatasi dampak lain dari penyesuaian harga BBM. 

Baca juga : GulaVit dan AGP Tebar Bantuan Tunai dan Sembako

"Bagaimana kita mengadvokasi masyarakat bahwa bantuan ini benar-benar turun ke masyarakat. Dan juga kita meminta kepada Pemerintah mengatasi dampak nantinya di mana harga-harga lainnya seperti transportasi umum agar tidak membebani masyarakat," tuturnya. 

Reja menyatakan, pihaknya siap mengawal kebijakan dan penyaluran penyesuaian BBM bersubdi agar sampai ke masyarakat. Dengan begitu, dia berharap Pemerintah bisa lebih cepat memulihkan ekonomi nasional. 

"Harapannya {emerintah dapat memulihkan ekonomi lebih cepat dan juga dapat membuka lapangan pekerjaan bagi muda-mudi Indonesia dan tentunya hal ini akan membuat angka pengangguran menurun, maka ekonomi akan berpengaruh baik," pungkasnya. 

Baca juga : Ini Upaya Jangka Pendek Ganjar Kendalikan Inflasi Di Jateng

Seperti diketahui, pemerintah akan memberikan bantuan langsung tunai (BLT), Bantuan subsidi upah (BSU) dan bantuan transpotasi umum. Bansos ini rencananya akan disalurkan melalui Pemerintah Daerah (Pemda) setempat. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.