Dark/Light Mode

Jokowi Puji Kerja Keras SDM Muda, Tak Pernah Bersuara, Tahu-tahu Jadi Indovac

Kamis, 13 Oktober 2022 11:12 WIB
Presiden Jokowi dalam acara peluncuran dan penyuntikan perdana vaksin Covid Indovac di Bandung, Jawa Barat, Kamis (13/10). (Foto: YouTube)
Presiden Jokowi dalam acara peluncuran dan penyuntikan perdana vaksin Covid Indovac di Bandung, Jawa Barat, Kamis (13/10). (Foto: YouTube)

RM.id  Rakyat Merdeka - Presiden Jokowi mengapresiasi Bio Farma, yang saat ini masuk produsen vaksin, dalam jajaran lima besar dunia. 

"Bio Farma memproduksi beragam vaksin. Baik itu vaksin polio, difteri, meningitis, flu, campak, dan yang kita resmikan pada hari ini, yaitu vaksin Covid. Vaksin ini kita beri nama Indovac," kata Jokowi dalam acara peluncuran dan penyuntikan perdana vaksin Covid Indovac di Bandung, Jawa Barat, Kamis (13/10).

Baca juga : Tarif BI Fast Murah, Pebisnis Tak Pernah Tunda Transaksi Lagi

Jokowi menjelaskan, untuk vaksin polio saja, Bio Farma menguasai 70 persen pangsa pasar dunia. Menurutnya, itu adalah pencapaian yang luar biasa.

Mulai hari ini, Indonesia bisa memproduksi vaksin Covid sendiri, dengan kapasitas di tahun ini kurang lebih 20 juta. Tahun depan, bisa 40 juta. Bahkan, kalau pasar memang memerlukan, bisa mencapai 120 juta dosis. 

Baca juga : Rektor Unisma Ngarep Mahfud MD Ubah Indonesia

"Ini adalah sebuah kerja keras SDM muda kita dalam menggarap vaksin baru, dari hulu sampai hilir. Dengan proses produksi yang memakan waktu 1,5 tahun, diam tak pernah bersuara, tahu-tahu jadi Indovac," tutur Jokowi.

"Pak Menteri BUMN, Pak Menteri Kesehatan, tolong Bio Farma didorong terus. Agar bisa menghasilkan revenue (pendapatan, Red) yang semakin besar, bagi negara. Di samping kita juga akan memiliki kemandirian, berdikari betul di dalam urusan vaksin," ucap Jokowi.

Baca juga : Jokowi-Prabowo Siapkan Desain Pertahanan Negara Di Indonesia Timur

"Dengan mengucap bismillahirrahmanirrahiim, pagi ini saya luncurkan vaksin Indovac, produksi PT Bio Farma Bandung," pungkasnya. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.